Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis! - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis!

 

Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis!

Setiap perusahaan tentunya memerlukan strategi dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Fungsinya adalah memaksimalkan potensi penjualan produk berupa barang maupun jasa hingga berada di tangan konsumen.

Bisnis yang dijalankan menggunakan strategi pemasaran yang tepat tentu lebih mudah berkembang di tengah persaingan global. Salah satu strategi yang mulai berkembang di abad ke-20 yaitu “marketing mix”.

Strategi tersebut didedifinisikan oleh beberapa pakar ternama pada tahun 1953an. Satu diantaranya yaitu profesor Harvard yang mengemukakan pidatonya tentang konsep marketing mix di American Marketing Association.

Sang profesor turut menjelaskan langkah pemasaran dan pengembangan serta rencana bisnis agar sukses di masa depan. Komponen-komponen yang ada pada marketing mix membantu pebisnis dalam mengambil keputusan.

Keputusan yang tepat dapat berdampak pada roda bisnis dan kemajuan di bidang pemasaran. Terdapat tiga manfaat yang bisa didapat jika pebisnis mampu mengambil keputusan bisnis.

Pertama yaitu keputusan yang diambil efektif dalam meningkatkan maupun mengatasi setiap kekurangan. Kedua adalah bisnis menjadi kompetitif dan siap bersaing serta beradaptasi pada masing-masing market.

Ketiga yaitu meningkatkan kolaborasi bisnis yang nantinya dapat menguntungkan mitra dan departemen. Rupanya unsur dalam marketing mix mengalami peningkatan sejak era 50-an.

Berbagai transformasi unsur marketing mix tersebut dilakukan lantaran adanya kemajuan teknologi. Sehingga praktik pemasaran terbaik adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi kekinian dan dipadukan dengan konsep dasar marketing.

Mengenal Konsep Strategi Marketing Mix 7P bagi Bisnis

Sebelum menerapkan konsep Marketing Mix 7P tidak ada salahnya Anda memerhatikan dasar dari strategi tersebut. Berikut ini adalah strategi Marketing Mix 7P yang terdiri dari tujuh poin penting:

  1. Products atau Produk dalam Pemasaran Bisnis

Produk diartikan sebagai segala bentuk dari hasil usaha yang ditawarkan pada konsumen di pasar. Produk umumnya digunakan maupun dikonsumsi oleh konsumen yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Produk dibuat dengan berbagai macam tujuan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum sebagai konsumen. Lantas bagaimana konsep produk yang ada dalam teori Marketing Mix 7P?

Konsep produk dalam Marketing Mix 7P mengarah pada pembuatan produk. Pebisnis dalam hal ini perlu menciptakan produk berupa barang maupun jasa yang mengedepankan kualitas dan ciri khas.

Kualitas menjadi faktor penting jika ingin produk Anda dilirik konsumen. Umumnya konsumen memilih produk jasa dan barang dengan tingkat kualitas yang tinggi berdasarkan kebutuhan mereka.

Sementara itu ciri khas atau keunikan memiliki peran terhadap keberhasilan pemasaran bisnis. Produk yang unik cenderung lebih mudah diingat oleh konsumen karena terlihat berbeda dari lainnya.

  1. Price atau Harga Produk Barang dan Jasa

Dalam konsep Marketing Mix 7P terdapat definisi harga untuk tujuan pemasaran bisnis. Harga dalam hal ini dimaknai sebagai uang yang dibayarkan oleh konsumen karena telah membeli maupun menggunakan produk jasa.

Harga yang ditawarkan untuk produk barang maupun jasa harus sesuai dengan manfaatnya. Singkatnya manfaat produk yang Anda tawarkan akan sebanding dengan pengeluaran konsumen saat menggunakan jasa.

Pebisnis juga perlu menghitung setiap pengorbanan dalam memproduksi barang maupun jasa dengan rincian biaya yang tepat. Sehingga tenaga yang dikeluarkan untuk memproduksi barang dan jasa sesuai dengan imbalan dari konsumen.

Anda perlu menggali cara agar para pembeli potensial mengalokasikan anggaran untuk membeli produk sesuai kebutuhan. Dengan demikian penerapan strategi mix 7P terhadap pemasaran bisnis dapat berjalan optimal.

3.      Place atau Tempat Strategi Pemasaran Bisnis

Tempat menjadi salah satu faktor penting agar pemasaran bisnis Anda berjalan maksimal. Pernahkah Anda melihat penjual yang memasarkan produk berkualitas namun justru tidak mendapatkan pembeli?

Salah satu hal faktor yang membuat penjual tersebut sepi pembeli adalah karena salah memilih tempat. Lokasi yang kurang strategis bisa menjadi bumerang saat Anda memasarkan bisnis meskipun produk sudah berkualitas.

Fokus strategi Marketing Mix 7P dalam hal ini adalah mengajarkan para pebisnis agar memilih tempat yang strategis. Lokasi tersebut bisa berupa tempat yang mudah ditemukan dan dijangkau oleh konsumen.

Usahakan untuk memilih lokasi bisnis yang menjadi pusat pertemuan banyak orang. Sehingga Anda tidak perlu susah mencari target konsumen maupun klien karena lokasi bisnis tersebut strategis.

4.      Promotions atau Promosi Bisnis dengan Cara Jitu

Seorang pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya perlu melakukan riset agar menemukan cara promosi terbaik. Riset dapat dimulai dengan mencari media pemasaran, strategi sampai proses penjualannya.

Promosi diartikan sebagai strategi pemasaran yang mempunyai berbagai macam cakupan tujuan. Seperti salah satunya bertujuan untuk membuat konsumen baru tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu promosi juga dilakukan untuk memberitahukan produk baru kepada pelanggan. Dengan begitu para pelanggan tetap dan baru akan mengenal lebih dalam mengenai produk baru Anda.

Kegiatan promosi juga bermanfaat untuk mengajak konsumen agar mendatangi lokasi bisnis Anda. Bahkan aktivitas pemasaran tersebut dapat meningkatkan pendapatan serta memotivasi konsumen agar membeli produk lainnya.

5.      People atau SDM dalam Pemasaran Bisnis

Setiap bisnis perlu ditunjang dengan Sumber Daya Manusia yang handal dan memahami kegiatan di dalamnya. Dengan kata lain penempatan Sumber Daya Manusia harus sesuai dengan skill dan kemampuannya.

Hal ini penting karena setiap orang mempunyai kemampuan berbeda dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan. Pebisnis harus mampu memilah Sumber Daya Manusia berdasarkan potensi yang mereka hasilkan.

Marketing Mix 7P juga mengajarkan para pebisnis untuk mendapatkan SDM yang unggul dan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini Anda perlu menyaring dan menyeleksi calon karyawan yang hendak bekerja.

Dalam prosesnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menyaring calon karyawan. Diantaranya yaitu skill, minat, loyalitas, performance, pengalaman dan attitude yang dimiliki calon karyawan.

6.      Process atau Proses Kegiatan Pelayanan Bisnis

Setiap bisnis tentunya memiliki rangkaian produktivitas yang dijalankan dari awal hingga tahapan akhir. Proses dalam hal ini mengarah pada kegiatan perusahaan dalam memberikan layanan kepada konsumen.

Misalnya mulai dari awal konsumen memesan produk atau order sampai barang diterima dengan kondisi yang memuaskan. Sebagian perusahaan umumnya mempunyai cara tersendiri dalam menghadirkan layanan untuk konsumen mereka.

Tujuannya agar konsumen merasa puas dengan hasil layanan yang diberikan perusahaan. Oleh sebab itulah Anda perlu memberikan nuansa layanan yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Strategi yang satu ini cocok diterapkan bagi mereka yang sedang berbisnis kuliner. Cara penyajian makanan yang unik membuat konsumen merasa dilayani dengan baik dan istimewa.

7.      Physical Evidence atau Tampilan Fisik Produk Bisnis

Tampilan fisik produk dan tempat usaha Anda menjadi fokus terakhir dalam konsep strategi Marketing Mix 7P. Fokus konsep tersebut mengarah pada penataan bangunan yang profesional.

Tujuan penerapannya tentu saja agar membuat konsumen merasa betah dan nyaman berada di dalam lokasi bisnis Anda. Sebaiknya gunakan interior dan lightning system yang mengundang rasa kagum pengunjung.

Konsep strategi pemasaran di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum Anda memulai bisnis. Dengan demikian penerapan strategi Marketing Mix 7P dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Deskripsi: Marketing Mix 7P merupakan konsep strategi pemasaran bisnis berbasis tujuh konsep dasar. Seperti produk dan tampilan fisik tempat bisnis didirikan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel