10 Cara Sukses Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

10 Cara Sukses Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

 

10 Cara Sukses Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

Sulit mendapatkan pekerjaan di perusahaan karena persaingan pencari kerja semakin ketat? Mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis. Jangan khawatir, karena kini Anda bisa menjalankan bisnis rumahan.

Dengan perkembangan dunia industri yang kian pesat, kini siapa saja bisa mendirikan bisnis meskipun dari skala rumahan. Terlebih adanya dukungan teknologi digital membuat jiwa-jiwa entrepreneur semakin semangat untuk berbisnis.

Maka tidak mengherankan jika pertumbuhan jumlah pengusaha semakin pesat dari hari ke hari. Bahkan tidak jarang ibu rumah tangga juga mulai memiliki usaha rumahan sendiri dan meraih kesuksesan.

Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Sukses

Kendati demikian, memulai sebuah bisnis rumahan tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi sebaiknya tidak perlu pesimis karena kami akan memberikan 10 tips sukses memulai bisnis rumahan. Berikut ini 10 tipsnya.

  1. Membulatkan Tekad dalam Memulai Bisnis

Suatu kegiatan tidak akan berjalan lancar jika tidak dimulai dengan niat serta tekad bulat, termasuk memulai usaha. Oleh karena itu, memperkuat niat dalam memulai bisnis adalah langkah pertama yang harus dilakukan.

Niat saja belum cukup, pebisnis membutuhkan tekad kuat sehingga benar-benar serius untuk memulai usaha. Salah satu cara untuk membangun tekad yang kuat adalah dengan membaca cerita inspiratif para pengusaha skala rumahan.

Cerita inspiratif oleh para pebisnis yang memulai dari nol dapat membangkitkan motivasi dalam menjalankan bisnis baru. Meski demikian, perlu diingat juga bahwa tangga menuju kesuksesan perlu dijalani dengan perjuangan.

  1. Meminta Dukungan Keluarga

Motivasi dari diri sendiri memang penting. Akan tetapi, mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat juga dapat meningkatkan motivasi Anda dalam memulai bisnis rumahan. Terlebih bagi yang belum pernah menjalankan usaha sebelumnya.

Dukungan orang terdekat terutama lingkungan keluarga sangat berarti bagi Anda. Ada kalanya semangat menurun saat jatuh bangun dalam membangun usaha baru. Sehingga Anda membutuhkan suntikan motivasi dari lingkungan khususnya keluarga.

Di samping itu, tidak ada salahnya bertanya kepada sanak keluarga yang telah memulai usaha terlebih dahulu. Serap ilmu dari mereka sebagai bekal berharga untuk menjalankan bisnis rumahan sendiri.

  1. Mempelajari Dasar-Dasar Administrasi

Hilangkan anggapan bahwa bisnis rumahan yang skalanya kecil tidak memerlukan pengelolaan atau manajemen secara serius. Itu adalah anggapan yang salah besar dan harus dihindari.

Meskipun bisnis rumahan yang didirikan masih berskala kecil, wajib hukumnya mempelajari administrasi. Tidak perlu berpikir terlalu jauh ketika mendengar istilah administrasi. Sebagai pemula, ada baiknya mempelajari dasar-dasarnya dulu.

Administrasi mencakup pencatatan atau pembukuan keuangan. Yakni meliputi perputaran modal, hasil penjualan, laba rugi, utang piutang, dan semua jenis transaksi lainnya. Pastikan untuk memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

Pengelolaan administrasi adalah salah satu kunci penting agar bisnis bisa berkembang. Dengan pencatatan administrasi yang baik, usahan rumahan Anda akan berkembang sedikit demi sedikit sampai mencapai puncak kesuksesan.

  1. Menentukan Visi dan Misi dalam Berbisnis

Visi dan misi bisnis bukan hanya milik perusahaan besar saja. Pada dasarnya semua wirausahawan sepatutnya mengetahui apa visi dan misi di balik bisnis yang ia jalankan.

Untuk memulai usaha rumahan agar cepat sukses, buatlah visi dan misi yang jelas dan realistis. Dengan adanya visi dan misi tersebut, Anda dapat menyusun perencanaan bisnis sehingga dapat mencapai target sesuai visi misi.

  1. Pilih Bidang yang Sesuai dengan Passion

Tren bisnis selalu berganti dari waktu ke waktu. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak mendirikan usaha rumahan hanya berlandaskan tren yang sedang ramai saja. Sebaliknya, pahami apa passion Anda.

Menjalankan bisnis sesuai passion adalah langkah tepat untuk memulai dari nol. Memulai usaha rumahan memerlukan perjuangan. Namun jika yang Anda lakukan sesuai passion, maka semangat dan motivasinya lebih terjaga.

  1. Menghitung Modal Usaha

Setiap usaha tentunya memerlukan modal, termasuk skala rumahan. Sebagai pebisnis pemula, mungkin Anda memiliki sedikit kendala dalam hal modal. Namun tidak perlu pesimis karena usaha rumahan bisa dilakukan dengan modal minim.

Terlebih kini peluang untuk bisnis online semakin terbuka lebar sehingga Anda dapat memanfaatkan modal yang ada secara optimal meskipun tidak besar. Pastikan untuk mengelola modal usaha dengan cermat dan teratur.

Tidak ada salahnya juga mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Namun Anda tetap perlu melakukan perhitungan secara cermat sebelum mengajukan pinjaman. Dengan pertimbangan matang, maka Anda dapat menyusun perencanaan secara matang juga.

  1. Mencari Supplier Berkualitas

Keterbatasan modal sebaiknya tidak menghentikan tekad Anda untuk memulai usaha rumahan. Sebagai pemula, tidak ada salahnya memulai dengan menjual produk dari orang lain. Yakni dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Terlebih bisnis online kini menawarkan peluang luas bagi reseller atau dropshipper. Kunci adalah Anda perlu mencari supplier berkualitas. Yakni yang menjual produk berkualitas dengan harga kompetitif, komunikasi lancar dan baik.

  1. Ketahui Manfaat dan Keunggulan Produk Anda

Cara selanjutnya untuk sukses dengan usaha rumahan adalah mengetahui manfaat serta keunggulan produk yang Anda tawarkan. Pada dasarnya seorang wirausahawan yang baik ialah berupaya memberikan solusi atas permasalahan masyarakat.

Ini bisa dijawab dengan menyediakan produk maupun jasa yang bermanfaat bagi konsumen. Selain itu, keunggulan produk juga menjadi penting dan harus diperhatikan. Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki dibanding kompetitor.

Keunggulan-keunggulan tersebut akan menjadi nilai jual tersendiri sehingga konsumen melirik produk Anda. Jika konsumen sudah mengenal manfaat, kualitas, serta keunggulan produk, maka pengusaha bisa dengan mudah menjual produknya.

  1. Lakukan Promosi dengan Strategis

Cara agar usaha rumahan Anda segera sukses yaitu melakukan promosi secara tepat. Promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat baik secara online maupun offline sehingga mereka mengetahui manfaat serta keunggulan produk Anda.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda perlu menyusun strategi dalam melaksanakan kegiatan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Tentunya Anda juga harus mengetahui siapa target market yang dituju dan bagaimana karakteristik mereka.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat membuat strategi marketing secara terukur sehingga hasilnya lebih efektif. Di era digital saat ini, kegiatan promosi menjadi lebih mudah dengan banyaknya media online.

Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook untuk menawarkan dagangan kepada pelanggan. Mempromosikan kepada tetangga atau keluarga juga cukup efektif untuk memperkenalkan bisnis rumahan Anda.

  1. Selalu Berpikir Positif dan Optimis

Sebagai pemula, mungkin akan ada banyak kendala yang menanti di depan. Terkadang ini membuat pengusaha pemula menjadi kesulitan atau bahkan kehilangan semangat dalam melanjutkan usaha rumahan.

Namun hal tersebut perlu dilawan dengan pikiran positif. Seorang pebisnis perlu menanamkan optimisme serta pikiran positif dalam mindsetnya. Kegagalan dalam usaha adalah suatu hal yang wajar.

Namun ada baiknya pebisnis pemula tidak berpikir tentang kegagalan. Jika menemui kegagalan, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran dan pengalaman. Kegagalan tersebut memberikan pengalaman berharga untuk hari kemudian.

Karakter sejati seorang wirausahawan adalah mampu mengambil sisi positif dari setiap kegagalan yang dialami. Jadi, tanamkan pikiran positif serta miliki rasa optimis tinggi karena itulah yang akan membawa kepada kesuksesan.

Berbisnis memang tidak mudah, terlebih jika memulai dari nol dan belum memiliki pengalaman sebelumnya. Namun dengan 10 cara di atas, Anda dapat memulai usaha rumahan sampai sukses.

Deskripsi: Cara sukses memulai bisnis rumahan yaitu menyiapkan niat dan tekad, belajar administrasi, menyiapkan modal, mempromosikan bisnis, optimis, berpikir positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel