5 Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha Kecil - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

5 Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha Kecil

5 Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha Kecil

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembukuan merupakan salah satu hal yang fundamental dan krusial dari sebuah bisnis. Tanpa pembukuan yang baik, maka keuangan perusahaan pun akan tidak dapat dikontrol dengan baik, sehingga dapat menyebabkan kebocoran dana di mana-mana yang pada ujungnya dapat menyebabkan kebangkrutan. Oleh karena itu, setiap bisnis atau perusahaan perlu memiliki pembukuan yang baik dan di zaman canggih seperti sekarang ini, tersedia banyak sekali penyedia aplikasi pembukuan yang dapat semakin memudahkan pekerjaan pembukuan. Namun, karena saking banyaknya aplikasi pembukuan di pasaran, maka memilih aplikasi pembukuan yang paling baik dan cocok dengan bisnis kita bisa menjadi suatu kegiatan yang cukup membuat frustrasi. Oleh karena itu, untuk membantuk Anda dalam memilih aplikasi pembukuan terbaik yang cocok untuk Anda, berikut kami paparkan 5 tips memilih aplikasi pembukuan terbaik untuk usaha kecil.

Memilih aplikasi pembukuan yang memiliki fitur-fitur pembukuan dasar

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari sebuah aplikasi pembukuan adalah untuk memudahkan dalam proses pembukuan sebuah bisnis dari yang sebelumnya serba manual menjadi serba digital/otomatis. Oleh karena itu, syarat dasar bagi sebuah aplikasi pembukuan untuk bisa disebut layak untuk digunakan adalah tentunya memiliki fitur-fitur pembukuan dasar, karena tanpa adanya fitur-fitur pembukuan dasar tersebut, maka bisa dibilang bahwa aplikasi tersebut berada di bawah standar karena tidak bisa memenuhi fungsi utama dari sebuah aplikasi pembukuan. Untungnya, hampir semua aplikasi pembukuan yang ada di pasaran, termasuk jurnal.id dari FR Consultant Indonesia, sudah memiliki fitur-fitur pembukuan dasar.

Menggunakan fitur uji coba gratis (free trial) sebelum memutuskan untuk memilih aplikasi pembukuan tersebut

Mengingat betapa pentingnya fungsi aplikasi pembukuan untuk sebuah usaha atau bisnis, termasuk usaha kecil, maka kebanyakan dari para penyedia aplikasi pembukuan pun memberikan fitur uji coba gratis (free trial) kepada calon konsumen mereka. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para calon konsumen karena sebelum mereka benar-benar memutuskan untuk membeli sebuah aplikasi pembukuan, mereka dapat mencobanya terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman pengguna, apakah aplikasi tersebut cocok dengan mereka dan memiliki semua yang mereka butuhkan atau tidak. Selain itu, hal ini juga menguntungkan bagi para penyedia aplikasi pembukuan karena para calon konsumen biasanya tidak akan berpikir dua kali saat mereka ingin mencoba secara gratis terlebih dahulu dan bahkan biasanya jika mereka sudah merasa cocok dan harga yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut mereka rasa layak, maka mereka juga tidak akan ragu-ragu untuk membeli aplikasi tersebut.

Melihat ulasan dari mereka yang telah menggunakan aplikasi pembukuan tersebut

Tips yang ketiga ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk pembelian atau langganan aplikasi pembukuan saja, tapi juga untuk pembelian hampir semua barang dan jasa. Menariknya, sekarang ini sepertinya ulasan pengguna sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh sebuah produk atau jasa yang direkomendasikan, dan itulah sebabnya mengapa semua marketplace menampilkan ulasan pengguna untuk produk dan jasa yang dijual. Dengan melihat ulasan dari mereka yang sudah menggunakan aplikasi pembukuan yang sedang kita incar, maka kita bisa tahu kualitas dari aplikasi tersebut, apalagi jika terdapat ulasan pengguna yang mengulas aplikasi tersebut secara mendetil dan lengkap.

Memeriksa kualitas dukungan teknis yang diberikan oleh penyedia aplikasi pembukuan tersebut

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dari kualitas sebuah aplikasi pembukuan adalah dukungan teknis yang diberikan oleh penyedia aplikasi pembukuan tersebut. Hal ini sangatlah penting karena sangat mungkin terjadi berbagai macam masalah, seperti terjadinya error atau adanya beberapa fitur yang belum kita pahami, saat kita menggunakan sebuah aplikasi pembukuan, tidak peduli seberapa detil kita memperhatikan petunjuk-petunjuk penggunaan yang telah diberikan oleh penyedia aplikasi tersebut sebelumnya. Saat masalah seperti itu terjadi, maka satu-satunya yang dapat kita harapkan adalah bantuan dari mereka yang paling mengerti tentang aplikasi tersebut, yaitu penyedia atau pengembang aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi pembukuan yang memiliki dukungan teknis yang mudah dihubungi dan siap sedia 24/7, seperti jurnal.id dari FR Consultant Indonesia yang memiliki dukungan teknis yang mumpuni dan dapat dihubungi melalui berbagai metode komunikasi yang sangat umum saat ini, seperti lewat WhatsApp, telephone, dan email.

Pilihlah aplikasi pembukuan yang memiliki tampilan antarmuka yang bersahabat

Karena bisa dibilang bahwa sekian banyak aplikasi pembukuan yang tersedia di pasaran menawarkan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda, maka hal lain yang bisa dijadikan patokan untuk memilih sebuah aplikasi pembukuan, khususnya untuk usaha kecil, adalah tampilan antarmuka dari aplikasi tersebut, apakah tampilan antarmukanya cukup bersahabat atau tidak. Walaupun terlihat sepele, namun sebenarnya tampilan antarmuka yang bersahabat dapat menjadi penentu akhir dalam memilih sebuah aplikasi pembukuan karena mereka yang ingin menggunakan aplikasi pembukuan adalah mereka yang ingin proses pembukuan bisnis atau usaha mereka lebih cepat, efisien, dan lancar, bukan ingin membuat proses pembukuan tersebut menjadi lebih rumit dan membuat frustrasi. Di sinilah tampilan antarmuka yang bersahabat memiliki peran yang sangat besar, karena tampilan antarmuka yang bersahabat akan membuat pengoperasian sebuah aplikasi pembukuan menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Terkadang proses memilih aplikasi pembukuan bisa menjadi hal yang gampang-gampang susah, mengingat bahwa ada cukup banyak aplikasi pembukuan yang tersedia di pasaran. Namun, untuk dapat memilih aplikasi pembukuan yang terbaik dan tepat, khususnya untuk usaha kecil, maka bisa memperhatikan hal-hal seperti fitur aplikasi yang cukup lengkap, adanya fitur uji coba gratis (free trial), ulasan dari mereka yang sudah menggunakan aplikasi tersebut, dukungan teknis yang diberikan, hingga tampilan antarmuka yang bersahabat. Jika merujuk pada hal-hal tersebut, maka salah satu aplikasi pembukuan yang dapat direkomendasikan adalah jurnal.id dari FR Consultant Indonesia yang memuat semua hal yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis atau usaha kecil dalam mempermudah proses pembukuan usaha mereka, mulai dari pelatihan online gratis untuk cara mengoperasikan aplikasi tersebut, setup dan implementasi aplikasi secara gratis, hingga konsultasi online via WhatsApp, telephone, dan email. Menariknya, semua hal tersebut dapat ditebus dengan harga berlangganan yang relative murah untuk sebuah bisnis atau usaha kecil.

Itulah 5 tips memilih aplikasi pembukuan terbaik untuk usaha kecil. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha Kecil"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel