5 Manfaat Lapor Pajak secara Online - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

5 Manfaat Lapor Pajak secara Online

5 Manfaat Lapor Pajak secara Online

Pajak adalah kewajiban seseorang atau sebuah perusahaan untuk membayarkan uang kepada negara dengan nilai tertentu tergantung objek pajak itu sendiri. Pajak itu sendiri banyak macamnya, namun jika kita berbicara tentang usaha atau bisnis, maka pajak yang biasanya menjadi kewajiban untuk dibayarkan oleh usaha atau bisnis tersebut adalah pajak penghasilan. Dengan membayar pajak, maka kita sudah berkontribusi dalam membangun bangsa karena uang pajak yang kita bayarkan nantinya akan dipakai untuk membangun negeri ini, mulai dari infrastruktur sampai dengan inventaris negara. Menariknya, di zaman serba canggih seperti sekarang ini, lapor pajak bisa dilakukan secara online dan bahkan untuk perhitungannya pun bisa menggunakan jasa konsultan pajak. Berikut adalah 5 manfaat lapor pajak secara online.

Menghemat biaya dan waktu

Seperti halnya hal-hal lain yang sudah mulai bisa dilakukan secara online, aktivitas lapor pajak secara online pun tentunya memiliki keuntungan utama dari sistem online, yaitu menghemat biaya dan waktu. Sistem online ini sangatlah membantu karena jika kita melaporkan pajak secara offline, maka kita harus bolak-balik ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mengurus semua hal terkait pajak penghasilan perusahaan atau bisnis kita, dan belum lagi, kita harus mengantri setiap kali kita melakukan transaksi di KPP.

Mudah untuk memahami tentang pelaporan pajak

Walaupun setiap perusahaan merupakan wajib pajak (mereka yang diwajibkan untuk membayar pajak), pada kenyataannya, tidak semua pemilik perusahaan atau bisnis memahami tentang prosedur lapor pajak dan penghitungan pajak. Untungnya, jika kita melaporkan pajak secara online, maka kita akan mendapatkan banyak informasi yang sangat mudah dipahami terkait dengan pelaporan, penghitungan, dan pembayaran pajak. Bahkan, biasanya penyedia layanan pajak menyediakan video panduan agar para wajib pajak semakin mudah memahami tentang prosedur pelaporan pajak. Namun, jika semua informasi dan panduan tersebut masih terasa rumit, maka Anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak seperti FR Consultant Indonesia yang menawarkan jasa dalam hal perpajakan, mulai dari konsultasi pajak, pelaporan pajak, hingga penghitungan pajak.

Dapat melakukan penghitungan pajak yang lebih akurat

Jika kita melakukan lapor pajak secara online, maka kita harus mengisi berbagai form yang telah disediakan sesuai dengan jenis pajaknya. Dengan form yang tertata rapi dan jelas secara kategorinya, maka kesalahan dalam melakukan penghitungan pajak dapat diminimalisasi. Namun, jika Anda tetap tidak yakin dan merasa butuh bimbingan dari ahlinya, maka menggunakan jasa konsultan pajak seperti FR Consultant Indonesia bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda untuk bisa 100% menghindari kesalahan dalam penghitungan pajak.

Berkas pajak tersimpan rapi di database secara online

Salah satu keunggulan sistem online, termasuk dalam melakukan lapor pajak, adalah tentang kearsipan yang tersimpan rapi secara online. Dalam hal ini, tentunya keunggulan utamanya adalah mengurangi penggunaan kertas fisik untuk berkas-berkas yang dibutuhkan dan keunggulan lainnya adalah berkas yang disimpan secara online lebih aman dibandingkan dengan berkas fisik yang mudah terbakar ataupun hilang. Selain itu, berkas-berkas tersebut juga bisa diakses kapan dan di mana saja jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dapat melakukan lapor pajak tepat waktu

Keuntungan lainnya dari lapor pajak online adalah kita dapat melakukan lapor pajak dengan lebih tepat waktu. Hal ini tentunya terkait dengan poin pertama di atas di mana proses lapor pajak secara online sangat menghemat waktu dan biaya. Pelaporan dan pembayaran pajak tepat waktu sangatlah penting bukan hanya bagi negara, tapi juga bagi perusahaan itu sendiri. Sebab, perusahaan yang selalu melapor dan membayar pajak tepat waktu tentunya akan memiliki kredibilitas yang sangat baik sehingga bisa menjadi nilai plus saat perusahaan tersebut sedang dinilai, seperti saat dinilai oleh investor saat mencari modal tambahan ataupun dinilai oleh bank saat mengajukan pinjaman. Mengingat pentingnya pelaporan dan pembayaran pajak tepat waktu, maka ada baiknya hal ini menjadi perhatian utama para pemilik bisnis atau perusahaan. Namun, untuk meminimalisasi terjadinya ketelatan dalam pelaporan dan pembayaran pajak, maka ada baiknya Anda menggunakan jasa konsultan pajak seperti FR Consultant Indonesia sehingga Anda akan selalu tahu kapan waktunya Anda membayar pajak karena pastinya konsultan pajak tersebut akan memberitahu kapan waktu terbaik untuk membayar pajak dan bahkan mengingatkan Anda untuk membayar pajak jika sudah waktunya.

Kesimpulan

Di zaman canggih di mana segala sesuatunya bisa dilakukan secara online, proses pengurusan pajak, mulai dari penghitungan pajak, pelaporan pajak, hingga pembayaran pajak bisa dilakukan secara online dengan beragam manfaat, yaitu menghemat biaya dan waktu, mudah untuk memahami tentang pelaporan pajak, dapat melakukan penghitungan pajak yang lebih akurat, berkas pajak yang tersimpan rapi di database secara online, dan dapat melakukan lapor pajak tepat waktu. Namun, walaupun dengan segala kemudahan tersebut, tetap saja proses pengurusan pajak akan jauh lebih mudah lagi jika kita menggunakan jasa konsultan pajak seperti FR Consultant Indonesia. Konsultan pajak yang satu ini memiliki beragam layanan pajak, mulai dari penghitungan pajak, pelaporan pajak, konsultasi pajak, hingga ulasan pajak dengan didukung oleh staff ahli di bidang perpajakan yang sangat mengerti tentang hal ini sehingga sebagian besar dari segala masalah yang harus Anda hadapi saat melakukan proses pengurusan pajak akan hilang saat Anda menggunakan jasa konsultan pajak ini.

 

Itulah 5 manfaat bayar dan lapor pajak secara online. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membuat Anda lebih yakin untuk mulai melaporkan pajak secara online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel