6 Keuntungan Menjadi Seorang Entrepreneur - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

6 Keuntungan Menjadi Seorang Entrepreneur

Entrepreneur

Menjadi entrepeneur sukses merupakan impian bagian kebanyakan orang. Sebab, berbeda dengan seorang karyawan ataupun profesional, seorang entrepreneur memiliki potensi yang sangat tidak terbatas, khususnya dalam kebebasan waktu dan finansial. 2 kebebasan tersebutlah yang paling dicari oleh hampir semua manusia di seluruh dunia. Sebab, tidak peduli seberapa mapannya seorang karyawan ataupun professional, mereka cenderung tidak memiliki kebebasan waktu, dan sebaliknya, seorang pengangguran yang memiliki banyak keleluasaan waktu hampir dapat dipastikan bahwa ia memiliki masalah finansial. Dalam hal ini, hanya seorang entrepreneurlah yang mampu memiliki 2 hal tersebut secara penuh dan berikut adalah 6 keuntungan menjadi seorang entrepreneur.

 

Dapat menentukan penghasilan sendiri

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu tujuan utama dari menjadi seorang entrepreneur adalah untuk mencapai kebebasan finansial. Berbeda dengan menjadi seorang karyawan yang penghasilannya ditentukan oleh perusahaan tempat ia bekerja, seorang entrepreneur dapat menentukan penghasilannya sendiri. Penentuan penghasilannya ini dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya adalah biaya produksi produk yang ia jual, jumlah penjualan produk yang ia jual, hingga margin dari penjualan produk yang bisa ia tentukan sendiri. Namun, tentunya untuk mencapai hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena seorang entrepreneur harus bisa menentukan pasarnya sendiri dan melihat kondisi produk-produk para kompetitornya.

 

Dapat memiliki fleksibilitas waktu

Seperti yang sudah disebutkan di atas juga, salah satu keuntungan utama dari menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki kebebasan atau fleksibilitas waktu. Hal ini dapat diraih karena dalam ber-entrepreneur atau berwiraswasta, seorang entrepreneur dapat mendelegasikan semua peran dalam bisnisnya kepada orang lain, mulai dari bagian produksi hingga bagian manajerial. Oleh karena itu, seorang entrepreneur sukses yang sudah memiliki sebuah bisnis yang bersifat auto-pilot bisa benar-benar memiliki kebebasan waktu dan menggunakan kebebasan waktu tersebut untuk menikmati hidup. Namun, perlu diingat juga bahwa jalan menuju titik tersebut tidaklah mudah dan memiliki banyak sekali rintangan sehingga hanya mereka yang benar-benar memiliki jiwa entrepreneur sejati yang bisa mencapai titik tersebut.

 

Dapat melakukan apa yang Anda sukai

Saat seseorang yang ingin memulai kariernya sebagai seorang entrepreneur bertanya tentang bisnis apa yang sebaiknya ia jalani, biasanya para entrepreneur sukses menjawab bahwa bisnis yang sebaiknya ia jalani adalah bisnis yang berhubungan dengan hal-hal yang ia sukai atau bahkan hobinya sendiri. Alasannya cukup sederhana, yaitu karena kita tidak akan mudah merasa bosan dan dapat lebih bersemangat saat melakukan sesuatu yang kita sukai. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan kuat bagi seseorang untuk menjadi entrepreneur, termasuk mereka yang sebelumnya adalah seorang karyawan. Hal ini karena saat menjadi seorang karyawan, kita terkadang harus mengerjakan pekerjaan yang tidak kita sukai sehingga kita mudah merasa jenuh dan terbebani saat mengerjakan pekerjaan kita tersebut.

 

Dapat melatih jiwa kepemimpinan

Tidak dapat dipungkiri bahwa jiwa kepemimpinan sangatlah dibutuhkan di berbagai lingkungan, entah itu lingkungan kerja, lingkungan sosial, ataupun lingkungan keluarga. Jiwa kepemimpinan yang baik tentunya akan dapat menciptakan hasil, kinerja, serta para pengikut yang baik pula. Dalam hal ini, menjadi seorang entrepreneur akan dapat melatih jiwa kepemimpinan kita. Sebab, dengan menjadi seorang entrepreneur, kita dituntut untuk bisa mengerjakan banyak hal dan mengarahkan para karyawan kita. Dengan pengarahan yang baik, maka karyawan pun akan bisa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan baik sehingga berbagai tujuan yang sudah ditetapkan di bisnis kita pun akan bisa tercapai dengan baik. Itu artinya, kita akan benar-benar dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yang baik jika kita ingin bisnis yang kita rintis sukses.

 

Dapat menyediakan lapangan pekerjaan

Salah satu kebanggaan tersendiri bagi seorang entrepreneur adalah memiliki karyawan dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Hal inilah yang juga menjadi salah satu alasan yang kuat bagi seseorang untuk menjadi seorang entrepreneur, khususnya mereka yang memiliki jiwa sosal yang tinggi. Sebab, dengan menjadi seorang entrepreneur, kita dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan dan hal ini merupakan sebuah suatu tindakan yang dermawan serta sejalan dengan salah satu visi negara, yaitu memberantas kemiskinan.

 

Dapat menciptakan perubahan

Salah satu keistimewaan seorang entrepreneur adalah ia berhak menentukan segala sesuatu pada bisnisnya. Hal ini tentunya berbeda dengan menjadi karyawan di mana kita tidak dapat merubah segala sesuatu di perusahaan kita tanpa seizing atasan atau mereka yang memiliki otoritas tertinggi di perusahaan tempat kita bekerja. Seorang entrepreneur memiliki hak istimewa untuk melakukan berbagai perubahan tersebut sehingga jika kita menjadi seorang entrepreneur, kita bisa melakukan banyak inovasi, baik itu dalam hal produk yang dihasilkan maupun strategi pemasaran yang digunakan. Sebagai contoh, kita bisa menciptakan sebuah produk yang lain dari produk-produk competitor yang ada di pasaran dan jika ternyata produk yang kita ciptakan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, maka kita akan menjadi trendsetter untuk produk tersebut dan bahkan kita akan dikenal oleh masyarakat sebagai trendsetter atau penemu dari produk tersebut sepanjang sejarah.

 

Itulah 6 keuntungan menjadi seorang entrepreneur. Segala keuntungan tersebut tentunya membuat siapapun tergiur untuk menjadi seorang entrepreneur. Namun, di balik semua itu, perlu diingat juga bahwa jalur untuk menjadi seorang entrepreneur sukses itu sangatlah berliku-liku dan penuh dengan tantangan serta rintangan, sehingga butuh kesabaran, ketekunan, dan jiwa entrepreneur sejati untuk bisa menjadi seorang entrepreneur sukses.

0 Response to "6 Keuntungan Menjadi Seorang Entrepreneur"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel