Badan Usaha UKM Berikut Pendirian dan Strategi Mengoptimalkannya - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Badan Usaha UKM Berikut Pendirian dan Strategi Mengoptimalkannya

 

Siapa bilang bisnis kelas UKM  tidak bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Ingat bahwa UKM (Usaha  Kecil Menengah) adalah sebuah bisnis entitas yang bisa  berkembang sesuai kondisinya. Dimana salah satu cara untuk mendukung perkembangan bisnisnya adalah dengan melakukan Pendirian Badan Usaha UKM.

Bagi pelaku bisnis, UKM adalah sebuah bisnis yang konsep bisnisnya terbagi menjadi UKM Kecil, Menengah dan Besar. Dimana eberadaan bisnisnya itu sendiri akan berkembang kesemuanya tergantung dari bagaimana sang pengelola bisnis tersebut bekerja dan menjalankan aktivitas bisnisnya. Namun di luar itu semua, seberapa apa pun konsep bisnis UKM dapat menjadi besar dengan pembentukan badan usaha UKM.

Badan usaha UKM
Employee in the new normal wearing mask carrying shoe boxes

Jika kita coba melihat kondisi pelaku bisnis yang saat  ini bergerak masih dalam taraf  UKM. Memang belum banyak yang concern dengan pembentukan badan usahanya. Hal itu bisa di dasarkan pada beberapa kondisi, selain tentunya di dasarkan pada satu keadaan bahwa pelaku bisnisnya sendiri masih bersifat  tradisional . Sehingga keinginan untuk menjadikan bisnisnya  memiliki badan usaha menjadi kurang tertarik.

Kenapa Pelaku Bisnis UKM belum Menjadikan Bisnisnya sebagai Badan Usaha

Dengan melihat perkembangan dan pengembangan bisnis para pelaku bisnis UKM, maka ada beberapa hal yang membuat pelaku bisnis UKM belum menjadikan bisnisnya seperti sebuah badan usaha.  Setidaknya ada 3 hal yang menjadi dasar atau penyebab hingga saat ini pelaku bisnis UKM masih bersifat tradisional :

1, Kondisi pelaku bisnis UKM yang relatif rendah menjadikan mereka masih belum paham terkait kenapa sebuah bisnis mesti berbadan  usaha.  Kondisi ini terus berjalan seiring perjalanan bisnis UKM yang mereka lakukan. Sehingga perlu adanya peningkatan pemahaman dari pelaku bisnis UKM pada saat dirinya ingin meningkatkan bisnisnya dengan membuat badan usaha.

2, Kondisi pelaku bisnis UKM yang masih merasa dirinya kecil secara bisnis, sehingga merasa belum layak untuk di tingkatkan menjadi sebuah badan usaha. Kondisi ini jika  tidak di jelaskan secara terus menerus tidak akan bisa membuat para pelaku bisnis kelas UKM menjadi paham.

3, Kondisi pelaku bisnis UKM  merasa bahwa dengan adanya badan usaha maka akan menjadikan dirinya membayar pajak. Perspektif inilah yang kadang membuat mereka tidak ingin menjadikan bisnis mereka berbentuk badan usaha. 

Bagi Pelaku Bisnis UKM, Berikut Persyaratan Pendirian Badan Usaha UKM

Nah bagi kalian yang saat ini masih merasa apa  yang di jelaskan diatas adalah sebuah kendala. Ada baiknya mencoba berkonsultasi dengan FR Consultant Indonesia, Karena mereka akan bisa memberikan gambaran terbaik bagaimana anda sebagai  pelaku bisnis UKM seharusnya bertindak demi tercapainya pengembangan bisnis yang sedang  di jalankan.

Minimal ada beberapa hal yang menjadi perhatian manakala anda ingin mengubah status bisnis UKM anda menjadi bersifat  badan usaha. Beberapa persyaratan ini bisa di penuhi sebelum anda memutuskan menentukan jenis badan usaha seperti apa yang sesuai dengan konsep bisnis usaha.

Produk Apa Yang Dipasarkan

Jelaskan terlebih dahulu apa sebenarnya produk yang anda pasarkan sebagai pelaku bisnis UKM. Apakah produk yang bentuknya barang atau jasa. Karena dari sinilah kita akan bisa memastikan konsep badan usaha seperti apa yang pas untuk di jalankan dalam masa pengembangan bisnis UKM anda kedepannya.

Model Pemasaran

Jelaskan bagaimana selama ini model pemasaran yang anda jalankan. Dengan penggambaran yang  jelas menyangkut sistem dan model pemasaran produk anda maka akan semakin mudah menentukan konsep dan jenis badan usahanya.

Bagaimana Menentukan HPP

Jelaskan dengan cara yang benar terkait masalah penentuan dari berapa harga pokok dari produk yang anda pasarkan. Jika Setelah anda tahu berapa  HPP dari produk anda,  maka selanjutnya adalah bagaimana anda menentukan  seberapa besar harga jual dari produk yang anda pasarkan.

Apakah Sudah Memiliki Sistem Yang Terintegrasi

Jelaskan dengan cara bagaimana selama ini anda melakukan sistem bisnis yang berhubungan dengan masalah pembelian seperti bahan baku misalnya. Kenapa hal ini perlu di ketahui, tujuannya adalah untuk menentukan seberapa besar konsep pembelian yang selama ini anda lakukan. Sehingga pada saat sudah berbentuk  badan usaha akan bisa lebih jelas konsep dan teknik pembelia  bahan baku untuk produk anda.

Baca tautant berikut juga ya : https://www.ukmindonesia.id/

Sumber Daya Manusianya

Jelaskan dengan cara memberikan satu kondisi bagaimana selama ini penggunaan SDM atau  tenaga kerja bagi bisnis yang sedang anda jalankan. Hal itu untuk melihat seberapa besar konsep bisnis yang akan anda ubah sesuai dengan kondisi badan usaha yang  ingin anda bangun.

Struktur Perusahaan

Jelaskan seperti apa selama ini konsep organisasi atau struktur perusahaan  yang menjadi acuan anda dalam menjalankan bisnis UKM anda.  Karena dari konsep struktur  bisnis ini kita juga akan bisa tahu seberapa besar konsep bisnis UKM yang akan anda ubah jadi badan usaha.

Konsep dan Model Bisnisnya

Jelaskan model pembelanjaan dari semua kondisi bisnis yang sedang anda jalankan.  Pembelanjaan ini bisa berarti belanja untuk operasional bisnis,  belanja untuk kebutuhan bisnis atau pembelanjaan yang berhubungan dengan konsep produksi dari produk yang selama ini anda pasarkan.

Baru setelah semua hal telah anda jelaskan, akan semakin mempermudah bagi anda untuk menentukan konsep badan usaha seperti apa yang menjadi target anda nantinya. Karena ketika semua hal telah terbangun akan semakin mudah bagi anda untuk menentukan jenis dan besaran konsep badan usaha dari bisnis UKM anda.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda sebagai pelaku bisnis UKM dalam menyikapi kondisi ketika anda ingin melakukan Pendirian Badan Usaha UKM. Sehingga dengan adanya penjelasan tersebut akan semakin mudah bagi anda untuk bisa menentukan jenis dan konsep badan usaha bagi bisnis anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel