Kring Pajak Sebagai Solusi Pengaduan Berbagai Permasalahan - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Kring Pajak Sebagai Solusi Pengaduan Berbagai Permasalahan

Saat ini, sudah ada layanan kring pajak yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan pengaduan ketika mengalami kendala di pengurusan perpajakan. Layanannya tersebut dihadirkan supaya wajib pajak tidak perlu ke kantor.

Bisa dibilang, layanan tersebut dihadirkan sebagai solusi dan peningkatan mutu dari pelayanan dalam dunia perpajakan Indonesia. Pemerintah berharap, adanya terobosan ini membuat masyarakat menjadi lebih patuh dan ma membayar pajak.

Kring Pajak

Layanannya sempat diberhentikan beberapa waktu lalu, tapi sudah diaktifkan kembali. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan yang diberikan dari layanan daring atau pengaduan online tersebut.

Berbagai media seperti whatsapp, facebook, twitter, instagram, dan juga email dijadikan sebagai layanan kring pajak. Pilihan media yang bervariasi dihadirkan dengan harapan seluruh masyarakat bisa menjangkaunya dengan mudah.

Agar lebih mudah dimengerti, Kamu bisa menyimpulkan layanannya sebagai call center. Call centre tersebut dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pajak dibantu arahan dari Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan.Permasalahan yang Bisa Diadukan Melalui Kring Pajak

Untuk Kamu yang baru menjadi seorang wajib pajak dan belum memahami sebagian atau seluruh peraturannya. Layanan-layanan dari sistem perpajakan tentu sangat dibutuhkan sehingga bisa membantu Kamu memecahkan masalah.

Sebelum menggunakan layanannya, Kamu perlu tahu sebenarnya masalah apa yang bisa ditangani ketika mengadu melalui layanan kring. Dengan begitu, Kamu bisa lebih mudah melaporkan permasalahannya agar cepat ditangani.

Baca juga : Program Pengungkapan Sukarela Pajak, Program dari Warga untuk Warga

Misalnya saja ketika Kamu mengalami permasalahan kesalahan administrasi, daripada harus bolak balik ke kantor, penggunaan kring pajak jauh lebih efektif. Kamu hanya perlu menghubungi salah satu media pengaduan yang ditawarkan.

Kesalahan administrasi ini merupakan masalah biasa, apalagi jika Kamu merupakan seorang wajib pajak baru. Ditambah lagi, sekarang ini proses pengisian data administrasi menggunakan sistem self assessment.

Permasalahan lain yang bisa diadukan adalah ketika Kamu lupa meminta bukti potong. Hal ini sangat rentan terjadi sehingga Kamu harus membayar dua kali dan pengeluaran pajak juga jadi meningkat.

Kring pajak juga akan melayani ketika Kamu terlalu mepet batas waktu pelaporan. Biasanya untuk penggunaan pribadi batasnya adalah akhir Maret dan badan pada bulan April.

Sebagai manusia, permasalahan lupa ini memanglah hal wajar dan bisa terjadi kepada siapa saja. Kantor perpajakan sudah memikirkan hal itu, dengan memberikan solusi layanan online yang bisa dihubungi kapan saja.

Mengalami permasalahan pada server SSE, misalnya seperti user id sudah digunakan, data dan jenis KAP atau KJS tidak berhasil ditemukan. Solusi paling tepat adalah dengan mengadukan kepada layanan pengaduan perpajakan.

Tata Cara Melakukan Pengaduan Kepada Layanan Kring Pajak

Melakukan pengaduan kepada lembaga pemerintah di zaman dahulu merupakan hal yang sulit dan ribet. Kamu perlu pergi untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami. Perlu Kamu ketahui jika zaman sudah berubah.

Ada beberapa jenis kanal call center yang dihadirkan dalam sistem perpajakan Indonesia. Oleh sebab itu ada beberapa jenis yang bisa Kamu gunakan untuk mengadukan masalah seperti berikut dan tata caranya.

Menghubungi Telepon Official 1500200

Saat menghubungi menggunakan telepon, ada dua hal yang bisa dilakukan yakni melakukan pengaduan atau konsultasi. Ketika melaporkan pengaduan, Kamu tidak perlu memberikan NPWP. Berbeda ketika sedang berkonsultasi yang memerlukan NPWP.

Perlu diketahui layanannya ini pernah mendapatkan penghargaan The Best Contact Center pada tahun 2013 lalu. Untuk itu, Kamu tidak perlu ragu untuk menghubungi kring pajak.

Menggunakan Situs Website Pengaduan Pajak

Untuk melakukan pengaduan melalui situs, Kamu perlu mendaftar akun dengan mengisi username dan data identitas diri. Setelah mendaftarkan akun, tunggu hingga ada notifikasi bahwa akun berhasil diaktifkan.

Setelah berhasil, lakukan login dan isi formulir pengaduan secara lengkap. Untuk balasan dari pihak call center akan masuk ke email. Jika tidak ada di kotak masuk, cobalah untuk memeriksa spam.

Mengadu Ke Media Sosial

Sebagai anak muda, Kamu mungkin lebih suka melakukan pengaduan kring pajak melalui media sosial. Salah satu media sosial yang bisa Kamu hubungi untuk mengadukan permasalahan adalah twitter.

Namun, untuk terhubung dengan akunnya, Kamu perlu mengikuti akun pajaknya terlebih dahulu. Dari situ, Kamu bisa langsung mengadukan berbagai permasalahan yang dialami melalui direct message.

Prestasi Layanan Kring Perpajakan Indonesia di Kancah Internasional

Menjadi satu-satunya layanan pemerintah yang mampu meraih banyak penghargaan di ranah nasional maupun internasional. Salah satunya pada tahun 2013 yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Tidak berhenti sampai di situ saja, kring pajak berhasil mendapatkan penghargaan lainnya. Pada kali ini adalah penghargaan internasional dalam top ranking performers contract center world atau APAC di Singapura.

Dari situ, masyarakat dunia mulai mengakui betapa baiknya sistem pelayanan perpajakan negara Indonesia. Dari situ juga, negara lain mulai terinspirasi dari sistem pelayanan pajak negara Indonesia.

Pencapaian lain yang berhasil diterima oleh kring pajak adalah masuk ke dalam top ranking performers contract center world APAC. Masih pada tahun yang sama yakni 2014, tapi di Las Vegas.

Pada tahun 2018, layanannya berhasil masuk dalam top ranking performance 13th Annual 2018. Dan berhasil menyabet delapan penghargaan Next Generation Contract center and Customer Engagement Best Practice Global Conference, Praha.

Dengan berbagai penghargaan yang diperoleh, Kamu tidak perlu lagi untuk menggunakan layanannya. Prestasi tersebut menjadi bukti bahwa instansinya terus mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama wajib pajak. Pemerintah terus menghadirkan terobosan baru untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama dalam permasalahan perpajakan. Salah satunya adalah dengan menghadirkan kring pajak yang telah berhasil meraih banyak penghargaan

0 Response to "Kring Pajak Sebagai Solusi Pengaduan Berbagai Permasalahan"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel