Tips Penting Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Tips Penting Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

 Bagi para pemilik usaha maupun investor, ada beberapa tips penting cara membaca laporan keuangan perusahaan. Tujuannya untuk mengetahui di mana posisi finansial serta memudahkan evaluasi sebelum mengambil keputusan.

cara-membaca-laporan-keuangan-perusahaan

Sebagai pengetahuan dasar, diperlukan kemampuan membaca laporan keuangan emiten atau perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Laporan keuangan inilah yang wajib dijadikan sebagai dokumen pertama kali untuk dibaca.

Sehingga tidak salah memilih pasar modal yang labanya bisa besar juga bertumbuh serta mampu memanajemen kinerja keuntungan maupun kerugiannya. Dengan begitu akan menjadi strategi dalam meningkatkan kekayaan melalui investasi saham.

Pada umumnya, financial report akan dilaporkan setiap periode tiga bulan sekali atau dalam hitungan tahunan. Paling penting disajikan setelah dilakukan proses pengauditan.

Tujuan Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Terdapat beberapa tujuan mengapa cara membaca laporan keuangan perusahaan itu sangat penting. Hal tersebut dikarenakan aktivasi finansial mampu menyajikan informasi terkait kondisi serta perkembangan moneter, baik dari perseorangan maupun organisasi.

Membaca laporan juga bertujuan untuk menyusun strategi bagi manajemen suatu bisnis agar mencapai target sasaran sesuai rencana, mengawasi, juga mengendalikan proses produksi barang atau jasa.

Pihak internal dan eksternal yang berkaitan dengan perusahaan mendapat haknya secara jelas. Mereka akan mengetahui besar kecilnya laba dari hasil penjualan produk selama periode tertentu.

Baca juga : Ini Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan Lewat Website

Cara membaca laporan keuangan perusahaan mampu memberikan data informasi bagi manajemen untuk selanjutnya diketahui divisi mana yang paling baik dalam mengelola sumber dana.

Dengan begitu akan memudahkan manajemen menyajikan bukti ketika dilakukan evaluasi atau pengauditan. Hal ini akan berlanjut pada kemudahan pihak internal juga eksternal dalam mengambil keputusan demi prospek perusahaan ke depannya.

Apa Hakikat Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan?

Pada hakikatnya, setiap bisnis legal juga normal perlu adanya laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, serta arus kas atau cashflow. Tujuannya agar dapat memantau situasi kondisi finansial pada periode tertentu.

Mengapa laporan ini dianggap penting? Dikarenakan setiap pemilik bisnis tidak selalu mendalami pendidikan di bidang ekonomi akuntansi. Sehingga akan menyulitkan ketika membaca laporan finansial.

Oleh sebab itu, langkah pertama dari cara membaca laporan keuangan perusahaan adalah mempelajari dasar – dasar ekonomi akuntansi. Misalnya persamaan yang dipakai untuk perhitungan aset adalah pertambahan passiva (lialibilitas ditambah ekuitas).

Kemudian memahami jenis – jenis transaksi, seperti hasil penjualan produk kepada konsumen, daftar pembelian pada pemasok (supplier), sampai nota membayar beban – beban rutin. Contohnya pembayaran listrik, gaji, karyawan, dan lain sebagainya.

Tips Penting Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Cara membaca laporan keuangan perusahaan sebenarnya tidak sulit apalagi jika sudah dipahami dan dipelajari. Kamu bisa mengunduh laporan kuartal ataupun tahunan lewat website resmi Bursa Efek Indonesia.

Nah, untuk membantumu memudahkan dalam membaca, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika menganalisis angka – angka pada financial report tersebut.

Ekuitas dan Laba Bersih Naik

Tips pertama ketika membaca financial report adalah memastikan bahwa ekuitas maupun laba bersihnya mengalami peningkatan. Kenaikan tersebut menunjukkan bahwa sebuah perusahaan melakukan kinerja yang baik dalam memanajemen dananya.

Nilai ROE Minimal 15%

Tips kedua adalah kemampuan perusahaan mengembalikan investasinya atau yang disebut sebagai nilai ROE (Return on Equity). ROE ini dipakai sebagai parameter paling dasar untuk menganalisis fundamental

Perlu diketahui, bahwa setiap menginvestasikan modal sebesar Rp. 1000, maka harus mampu menghasilkan 15% laba bersih dalam 1 tahun. Apabila nilai ROE lebih dari 15%, maka financial reportnya juga bagus dan berkualitas.

Pembayaran Dividen Sebesar 30% – 40%

Tips cara membaca laporan keuangan perusahaan berikutnya adalah mencari data pembayaran dividen di internet jika tidak disajikan dalam laporan keuangan. Investor berhak meminta pembayaran dividen lebih dari 30% – 40%.

Jika mampu memberikan di atas angka tersebut, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan sudah menyandang status mature atau dewasa, yang artinya tidak bisa bertumbuh lagi.

Nilai Liabilitas Kecil

Perhatikan bahwa nilai lialibilitas atau utang tidak boleh lebih dari nilai ekuitas. Namun tidak semuanya bisa digeneralisasi, karena ada yang menganggap wajar jika besarnya utang dan ekuitas sama.

Nilai Utang Mengandung Bunga yang Kecil

Jika nilai utang mengandung bunga, seperti utang bank serta oblogasi yang kecil, maka perusahaan tersebut bagus. Sebab melalui pembayaran bunga tersebut akan menjadi beban operasional, sehingga laba bersih menjadi turun.

Saldo Lebih Besar Daripada Modal

Cara membaca laporan keuangan berikutnya adalah memastikan saldo laba positif, jika dijumlahkan, maka nilainya lebih besar daripada setoran modal. Jika hasilnya positif tapi nilainya kurang dari modal, mengartikan kinerjanya kurang baik.

Besarnya Current Ratio

Perusahaan berkualitas akan menunjukkan bahwa total aset lancarnya lebih besar dibandingkan utang lancar. Dengan begitu menunjukkan tidak adanya risiko gagal bayar ketika membayar utang.

Besarnya Net Income Margin

Cara membaca laporan keuangan perusahaan di bidang manufaktur adalah memiliki margin laba sebesar 20%. Untuk perdagangan minimal 10%. Kurang dari itu, mengartikan bahwa bisnis tersebut kurang bagus.

Pajak Minimal 25% dari Laba Usaha

Kualitas perusahaan yang cocok dijadikan tempat menanam saham diukur dari sedikitnya beban bunga utang dan hanya memiliki PPh atau beban pajak minimal 25% dari laba penjualan sebelum pajak.

Laporan Laba Rugi Tidak Jauh Berbeda dari Arus Kas

Tips terakhir yaitu bandingkan nilai pendapatan dengan laba periode berjalan atau berat bersih dan laba periode berjalan. Keduanya memiliki nilai tidak jauh tetapi juga tidak sama persis.

Nah, untuk kamu yang ingin menanamkan saham dan bercita – cita hasil investasi bisa menghasilkan keuntungan besar, terapkan tips – tips di atas sambil membudayakan pentingnya cara membaca laporan keuangan perusahaan.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan kesulitan dalam membuat atau membaca laporan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan kami jasa laporan keuangan dari frconsultantindonesia.com

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

0 Response to "Tips Penting Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel