Mudah, Inilah Cara Bayar Pajak NPWP dan Pelaporannya 2022 - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Mudah, Inilah Cara Bayar Pajak NPWP dan Pelaporannya 2022

 Sebelum Kamu mencari tahu bagaimana cara bayar pajak npwp beserta pelaporannya tanpa ribet. Sebaiknya kenali dulu mengenai pengertian dari npwp agar lebih gampang untuk memahami tiap detailnya.

Dimana npwp atau nomor pokok wajib pajak ini sifatnya juga rahasia karena mengandung data tiap individu. Jadi npwp ini sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri serta orang dengan kepentingan langsung.

cara-bayar-pajak-npwp-dengan-mudah

Karena sifatnya yang rahasia, maka pihak djp ini sendiri juga memberikan akses lebih gampang lagi yakni dengan mengecek via online. Dengan menggunakan metode ini, maka Kamu tidak harus datang ke kantor.

Cara bayar pajak npwp ini memang semakin memudahkan siapa saja yang mau membayarkannya tanpa harus repot antre. Untuk orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu luang, pasti akan senang.

Untuk Kamu yang sudah tahu bagaimana kemudahan membayar secara online sekarang ini, maka tidak perlu lagi alasan lalai bayar. Karena prosesnya dapat dijalankan menggunakan internet saja tanpa batas waktu dan tempat.

Lapor dan Cara Bayar Pajak NPWP

Sering kali orang bertanya mengenai bagaimana bayar danlapor pajak. Umumnya masyarakat yang menanyakan hal ini masih belum paham dan tidak banyak info mengenai kegunaan dari npwp.

Karena hal paling mendasar saat Kamu sudah punya npwp ialah mengetahui apa saja kegunaannya. Setelah itu wajib tahu bagaimana cara untuk melaporkan atau membayarkannya, ini sering diabaikan masyarakat.

Apalagi npwp sendiri bentuknya ialah kartu, namun nomor didalamnya sangat penting untuk diingat. Nomor tersebut isinya ialah data pribadi pemilik, baik untuk pembayaran, pelaporan, serta semua data perpajakan pihak bersangkutan.

Teknologi yang canggih seperti sekarang ini, nomor dalam kartu npwp tersebut sudah langsung bisa dihubungkan dengan nomor ktp. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan pengguna jika mau cara bayar pajak npwp.

Baca juga : Cara Daftar NPWP

Ditambah lagi ketika kartu npwp Kamu secara tidak sengaja malah hilang, maka di kantor pajak bisa membantu untuk membuat lagi. Tentunya sesuai dengan ktp yang dipunyai, karena keduanya sudah terhubung.

Dengan cara itu juga membuat tiap orang hanya boleh mempunyai satu npwp. Bayar atau lapor npwp memang bukan merupakan istilah tepat, karena sebenarnya yang lebih baik ialah bayar dan lapor pajak.

Untuk laporannya sendiri ada dua jenisnya, yakni bulanan dengan spt masa serta tahunan dengan spt tahunan. Mengenai cara bayar pajak npwp sendiri juga ada ketentuannya berhubungan dengan jenis serta lainnya.

Ada dua jenis pajak yakni final dan tidak final, dimana keduanya harus diketahui. Untuk final, semua selesai jika sudah dibayarkan, sementara tidak final di akhir tahun nantinya akan dihitung lagi.

Metode Cara Bayar Pajak NPWP Umum

Jika dilihat dari bagaimana metode pembayaran yang dilakukan, tata cara membayar ini dibagi jadi dua yakni online dan manual. Manual disini ialah langsung datang ke kantor, bank, atau pos.

Online banking

Mengenai cara bayar pajak npwp pertama ini kamu wajib melakukan registrasi online seperti mbanking sesuai ketentuan. Bank bersangkutan nantinya akan memberikan aplikasi yang khusus untuk membayar lebih praktis.

Ketika melakukan pembayaran, maka lakukan pengisian form lebih dulu sesuai yang diberikan. Apabila transaksi telah dijalankan, maka Kamu nantinya akan mendapatkan nomor dimana dapat dijadikan bukti pembayarannya.

Data yang diisi dengan nomor tersebut untuk dikirimkan lewat bank terkait, ini agar Kamu nanti mendapatkan nomor transaksi dari bank (ntpn). Dimana nantinya ntpn tersebut dipakai untuk laporan.

Teller bank/kantor pos

Selain menggunakan sistem online via bank, Kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan cara manual yakni datang ke kantor pajak atau pos terdekat. Cara ini sayangnya kurang disukai orang.

Terutama jika tidak punya banyak waktu luang untuk antre membayarnya. Namun menggunakan cara bayar pajak npwp ini Kamu cukup menunjukkan id billing yang sudah dibuat.

Kode itu bisa didapatkan jika sudah mendaftar langsung lewat laman resmi djp atau lewat situs yang ditunjukkan pemerintah. Sebelumnya Kamu harus membuat surat setoran pajak dan ini cukup merepotkan.

Sekarang ini menggunakan sistem yang lebih maju lagi semakin memudahkan petugas kantor pos atau teller saat mau membayar. Karena cukup memakai e-billing dan tidak perlu memasukkan lagi identitas lainnya.

Syarat Serta Cara Bayar Pajak NPWP Praktis

Ada beragam alasan yang membuat orang jadi menunda saat harus membayar. Salah satu alasannya ialah karena menganggap cara bayar pajak npwp cukup sulit dan rumit, jadi mereka menundanya.

Sekarang ini Kamu bisa melakukan pembayaran dengan langkah mudah, karena pemerintah juga sudah menciptakan e-billing. Mengenai ebilling ini sendiri merupakan sistem pembayaran pajak yang dilakukan dengan sistem elektronik.

Jika Kamu tidak mau menunggu lama untuk antre atau tidak punya banyak waktu luang ke kantor langsung, maka aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan. E-billing sendiri ialah cara bayar pajak npwp secara online.

Pembayaran tersebut memakai sistem baru dan meninggalkan yang lama dimana biasanya dilakukan dengan manual. Tentunya ada banyak manfaat yang dapat diambil dari pembayaran sistem daring tersebut.

Satu diantaranya ialah bisa meminimalkan risiko dari salah bertransaksi. Selain itu data transaksi yang sudah dilakukan juga akan secara otomatis disimpan dirjen pajak, tentunya catatan waktunya lebih jelas.

Dengan demikian, maka akan lebih meminimalisir hilangnya data karena lalai atau sejenisnya. Menggunakan sistem online juga akan memudahkan Kamu saat mau membayar pajak kapan dan dimana saja.

Menggunakan sistem online memang lebih menguntungkan, namun ada beberapa kekurangannya juga. Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana langkah cara bayar pajak npwp , baik secara online maupun manual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel