8 Peluang Usaha Bidang Jasa yang Semakin Diminati - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

8 Peluang Usaha Bidang Jasa yang Semakin Diminati

 

8 Peluang Usaha Bidang Jasa yang Semakin Diminati

Membangun usaha dari nol, memang bukan perkara mudah. Pasti Anda akan menghadapi berbagai rintangan dan belajar berani dalam mengambil risiko, diperlukan sifat konsisten dalam menjalankan bisnis, agar usaha tersebut bisa bertahan dengan banyak kompetitor yang ada.

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, akan sayang jika keahlian tersebut tidak dimanfaatkan. Namun bukan hanya keahlian semata perlu Anda miliki dalam membangun usaha, melainkan merencanakan ide kreatif, menyiapkan modal, juga meneliti peluang yang ada.

Peluang yang Anda cari, bisa saja sudah ada di depan mata, namun mungkin Anda belum menyadarinya. Bisnis di bidang jasa misalnya, jenis usaha satu ini juga cukup diminati oleh banyak calon pelaku usaha, karena berpeluang mendapatkan keuntungan cukup besar.

Meskipun begitu tidak semua bisnis pasti akan berjalan mulus, pebisnis harus tetap konsisten dan membuat ide kreatif lainnya agar bisnis tersebut berjalan dengan baik. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis di bidang jasa, banyak peluang yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

8 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Ramai Peminat

Dalam dunia bisnis, Anda tidak bisa hanya bergantung pada satu ide saja. Coba pikirkan kira-kira usaha seperti apa yang akan diminati oleh banyak orang, dan konsumen akan selalu membutuhkan jasa tersebut.

1.   Laundry

Bisnis cuci pakaian menjadi salah satu peluang usaha, yang pastinya setiap orang akan membutuhkan jasa Anda. Beberapa target konsumen yang akan membutuhkan jasa ini adalah, pekerja kantoran, anak kos atau mahasiswa, atau pelajar.

Akan lebih banyak keuntungan Anda dapatkan, jika bisnis laundry yang pebisnis jalankan juga menyediakan jasa cuci kiloan. Banyak sekali pekerja yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, maka mereka akan mengandalkan jasa dari laundry tersebut.

Dalam membuka bisnis laundry, mungkin pebisnis akan membutuhkan cukup banyak modal. Sebab pebisnis perlu menyiapkan mesin cuci, mesin pengering, sabun cuci baju dan pengering serta setrika dan papan setrika.

2.   Fotografi

Saat ini bidang fotografi kerap digemari oleh banyak orang, karena setiap orang pastinya senang jika acara penting mereka dapat didokumentasikan. Biasanya target utama dari bisnis ini adalah orang-orang yang akan mengadakan acara pernikahan, ulang tahun ataupun pemakaman.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, jangan sia-siakan keahlian tersebut untuk menjadi seorang pengusaha. Manfaatkan juga media sosial milik Anda, sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda.

Pastinya modal utama yang akan Anda perlukan adalah kamera, saat ini harga kamera tidak terlalu mahal. Jika pebisnis bisa menemukan kamera second dalam kondisi masih bagus dan dapat berfungsi dengan baik, Anda bisa memanfaatkannya.

3.   Barbershop

Bisnis potong rambut juga menjadi salah satu bisnis yang akan selalu dibutuhkan oleh orang banyak, pada umumnya barbershop hanya memotong atau mencukur rambut pria. Namun jika Anda memiliki keahlian untuk memotong rambut wanita, maka pendapatan akan lebih besar.

Untuk menjadi seorang barbershop memang diperlukan keahlian khusus, juga pebisnis perlu mengetahui apa saja tren terkini seputar model rambut, dan jangan lupa untuk memilih lokasi strategis untuk membangun bisnis barbershop Anda.

Mungkin cukup banyak peralatan yang perlu pebisnis persiapkan untuk memulai bisnis barbershop, seperti mesin cukur, kursi pangkas, gunting, pisau cukur, cermin dan lainnya. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial, agar usaha Anda dapat diketahui oleh banyak orang.

4.   Menjahit Pakaian

Pakaian menjadi salah satu hal yang pastinya akan dibutuhkan oleh seseorang, sebagai penjahit pakaian, Anda tidak hanya memiliki kemampuan dalam menjahit pakaian rusak, melainkan dapat mendesain pakaian sesuai dengan kemauan konsumen.

Tentunya semakin banyak kemampuan yang pebisnis miliki, maka semakin banyak juga peluang yang akan didapatkan. Anda perlu menemukan ide-ide kreatif lainnya dalam membuka usaha, seperti misalnya menjahit pakaian busana muslim atau menjahit kostum.

Modal yang dibutuhkan sebagai penjahit pakaian juga cukup terjangkau, Anda cukup menyiapkan mesin jahitan, benang, jarum dan alat jahit lainnya. Pebisnis juga bisa membeli mesin jahit second dengan kondisi masih layak pakai, agar biaya yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar.

5.   Jasa Pembuatan Web

Di zaman serba digital ini, hampir setiap usaha akan membutuhkan sebuah website. Saat ini website tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk berbagi pengalaman saja, melainkan Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki.

Jika memiliki kemampuan di bidang teknologi atau digital, tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha pembuatan web. Sebab usaha ini terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak modal, Anda bisa mengerjakannya di rumah dan menghasilkan pendapatan cukup besar.

6.   Rental Mobil

Usaha rental mobil memang sudah ada sejak lama, dan usaha ini juga cukup diminati oleh banyak orang. Target utama konsumen dari bisnis rental mobil adalah, para wisatawan yang berkunjung ke suatu kota dan membutuhkan kendaraan.

Sebagai konsumen, tentunya usaha rental mobil akan sangat dibutuhkan, jika kita sedang berkunjung ke luar kota dan tidak membawa kendaraan. Dengan menyewa kendaraan, pastinya biaya akan lebih murah dan praktis.

Mungkin modal yang dibutuhkan cukup besar, namun jika sudah memiliki banyak pelanggan, maka pemasukan dapat bisa mengembalikan modal. Akan lebih baik jika Anda membuka usaha ini, di daerah dekat dengan daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

7.   Event Organizer

Cukup banyak jasa event organizer yang bermunculan di Indonesia, yang menandakan bahwa peluang usaha jasa ini cukup banyak diminati. Bagi konsumen, event organizer akan dibutuhkan di saat sedang mengadakan acara besar, seperti ulang tahun, pernikahan atau festival musik.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda memang perlu menyiapkan banyak hal. Seperti halnya tim pebisnis sendiri, pebisnis akan kesulitan jika menjalankan usaha ini sendirian, sebab cukup banyak hal perlu diurus.

Juga diperlukan kreativitas tinggi, agar ide terus berkembang dan mengikuti perubahan tren yang sedang berlangsung. Juga bisa memanfaatkan website dan media sosial, agar dapat mengoptimalkan promosi melalui media sosial dengan tepat.

8.   Servis Elektronik

Hampir setiap orang pastinya memiliki elektronik, mulai dari handphone, laptop, komputer atau alat elektronik lainnya. Dan jika alat elektronik mereka mengalami kerusakan, pastinya mereka akan langsung berkunjung ke servis elektronik untuk diperbaiki.

Setiap orang akan membutuhkan alat elektronik, karena perangkat elektronik pastinya dibutuhkan oleh setiap orang, mulai dari karyawan, pelajar, mahasiswa dan lembaga instansi lainnya pasti memanfaatkan perangkat elektronik mereka.

Menjalankan usaha di bidang tersebut, bisa jadi menjadi ladang pendapatan bagi Anda. Namun pebisnis wajib memiliki pengetahuan akan bidang tersebut, sebab pastinya banyak sekali komponen-komponen yang terdapat pada elektronik.

Masih banyak berbagai peluang usaha menjanjikan lainnya, dan jika berminat untuk membuka usaha di bidang jasa, tidak ada salahnya untuk mencobanya saat ini juga. Menjalankan bisnis akan lebih menyenangkan, jika Anda memulainya dari hal yang disukai.

Deskripsi: Cukup banyak peluang usaha yang bisa Anda lakukan, seperti halnya pada bidang jasa. Usaha berikut ini, bisa menjadi inspirasi Anda untuk menjalankan bisnis yang Anda minati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel