10 Ide Diskon yang bisa dicoba untuk Mendongkrak Penjualan - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

10 Ide Diskon yang bisa dicoba untuk Mendongkrak Penjualan

10-ide-diskon

Dalam sebuah bisnis, ada banyak hal yang bisa digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan sehingga bisa membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk kita, yang mana akan berimbas juga pada kenaikan jumlah penjualan yang dibukukan oleh bisnis kita. Salah satu cara yang dinilai sangat efektif untuk tujuan tersebut adalah dengan memberikan diskon kepada para calon pelanggan kita untuk produk-produk tertentu. Berikut adalah 10 ide diskon yang bisa dicoba untuk mendongkrak penjualan.

1. Diskon ongkir (ongkos kirim)

Salah satu hal yang paling populer di dunia bisnis, khususnya perdagangan di marketplace, akhir-akhir ini adalah diskon ongkir atau bahkan promo gratis ongkir. Diskon yang satu ini dapat memungkinkan terjadi berkat adanya kerjasama dengan pihak marketplace dan pihak ekspedisi. Hasil dari promo gratis ongkir atau diskon ongkir ternyata sangat luar biasa dan disambut dengan baik oleh masyarakat dan ini menjadi salah satu alasan utama banyaknya masyarakat yang memilih untuk berbelanja di marketplace.

2. Diskon awal bulan

Di masyarakat kita, awal bulan identik dengan hari gajian, sehingga terbentuk paradigma bahwa kebanyakan orang memiliki lebih banyak uang di awal bulan. Hal ini benar adanya karena kita bisa melihat dari kondisi pusat perbelanjaan yang cenderung jauh lebih ramai oleh pengunjung di awal bulan. Oleh karena itu, memberikan diskon di awal bulan merupakan ide yang sangat bagus karena masyarakat masih memegang uang gajian hasil kerja keras mereka, sehingga mereka akan lebih mudah dalam membuat keputusan untuk membeli sesuatu, apalagi jika melihat produk yang mereka suka atau butuhkan sedang ada diskon.  

3. Diskon akhir bulan

Jika awal bulan identik dengan kantong yang penuh karena masyarakat baru saja gajian, maka akhir bulan identik dengan kantong kering atau kantong kosong karena belum gajian dan uang gaji mereka di bulan tersebut sudah hampir habis untuk berbagai kebutuhan sehari-hari selama hampir satu bulan. Namun, walaupun uang di masyarakat sudah menipis, namun faktanya mereka masih memiliki sejumlah uang untuk bertahan hidup maupun untuk hal-hal lainnya. Akan tetapi, fakta bahwa mereka memiliki lebih sedikit uang dibandingkan saat awal bulan membuat mereka lebih memilih untuk membeli sesuatu yang lebih murah, sehingga pemberian diskon akhir bulan dapat memberikan angin segar bagi mereka yang ingin berbelanja dengan budget minim.

4. Diskon kemerdekaan

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu saja dipenuhi dengan berbagai kemeriahan di seluruh penjuru negeri. Oleh karena itu, untuk ikut memeriahkan perayaan ulang tahun kemerdekaan dan memupuk rasa nasionalisme, maka ada baiknya kita memberikan diskon kemerdekaan, apalagi jika pemberian diskon tersebut bisa mendongkrak penjualan bisnis kita.

5. Diskon tanggal cantik

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat di manapun selalu tertarik dengan angka-angka cantik. Hal ini juga ternyata berlaku bagi angka-angka pada penganggalan, seperti tanggal, bulan, dan bahkan tahun. Di dalam dunia bisnis online saat ini, pemberian diskon untuk tanggal-tanggal cantik seperti 11.11 (tanggal 11 Nopember) sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Bahkan, karena respon masyarakat yang baik yang dibuktikan dengan meningkatnya penjualan di tanggal-tanggal tersebut membuat para pelaku bisnis online mengadakan diskon tanggal cantik ini setiap bulan, seperti tanggal 6 Juni, 12 Desember, 2 Januari 2021, dan lain sebagainya.

6. Diskon cuci gudang

Untuk jenis bisnis tertentu, khususnya yang mengikuti perkembangan fashion dari waktu ke waktu, biasanya ada promo yang dinamakan dengan diskon cuci gudang, di mana harga produk-produk yang mereka jual bisa mendapatkan diskon yang cukup besar hingga di atas 50%. Hal ini dapat terjadi karena produk-produk tersebut sudah lama tinggal di gudang karena tidak kunjung laku dalam periode tertentu (biasanya dalam waktu satu tahun) sampai sudah akan digantikan oleh produk yang lebih baru. Salah satu contoh produk yang hampir selalu memiliki diskon cuci gudang dari waktu ke waktu adalah produk kendaraan bermotor, di mana biasanya kendaraan dengan tahun pembuatan tahun sebelumnya memiliki diskon yang lumayan besar walaupun kendaraan tersebut masih termasuk kendaraan baru karena belum terjual.

7. Diskon untuk metode pembayaran tertentu

Maraknya uang elektronik seperti Gopay, Ovo, ShopeePay, E-money Mandiri, dan lain sebagainya di zaman serba digital seperti sekarang ini sangat memudahkan dalam berbagai transaksi dan mengurangi penggunaan uang fisik (uang kertas dan koin). Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan uang elektronik tersebut mengkampanyekan produk-produk mereka dengan memberikan banyak diskon dengan cara bekerjasama dengan berbagai marketplace atau pelaku bisnis online. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengadakan diskon untuk metode-metode pembayaran tertentu, khususnya pembayaran menggunakan uang elektronik, karena para penyedia layanan uang elektronik pun akan sangat mendukung dalam memberikan diskon ini.

8. Diskon untuk produk-produk yang dijual sepaket

Salah satu teknik marketing klasik namun masih terbilang sangat efektif hingga saat ini adalah pemberian diskon untuk produk-produk yang dijual sepaket. Salah satu contoh dari penerapan jenis diskon yang satu ini yang paling sering kita jumpai adalah di restoran-restoran cepat saji, di mana kita bisa menemukan bahwa harga produk yang dijual sepaket akan jauh lebih murah dibandingkan dengan jika kita membeli beberapa item yang termasuk ke dalam paket tersebut satu-satu secara terpisah. Jenis diskon yang satu ini sudah terbukti sangat efektif selama beberapa dekade dan tidak ada salahnya untuk menerapkan diskon yang satu ini pada produk-produk yang kita jual.

9. Diskon untuk produk-produk stok lama

Jenis diskon yang satu ini bisa dibilang mirip dengan diskon cuci gudang. Namun, produk-produk yang dikenakan jenis diskon untuk produk-produk stok lama biasanya memiliki usia yang jauh lebih tua. Contoh dari penerapan diskon ini paling sering kita jumpai pada produk-produk elektronik seperti ponsel, di mana biasanya ponsel yang usianya sudah sekitar 2-3 tahun setelah peluncuran perdananya bisa mendapatkan diskon hingga di atas 50%. Jenis diskon ini cukup baik untuk mengeluarkan produk-produk stok lama walaupun terkadang kita tidak mendapatkan untung sama sekali atau bahkan mendapat kerugian dari penjualan produk-produk tersebut. Namun, hal tersebut masih jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak menjual produk-produk tersebut sama sekali.

10. Diskon grosir atau pembelian dalam jumlah banyak

Dari semua contoh ide diskon di artikel ini, diskon grosir atau pembelian dalam jumlah banyak merupakan jenis diskon yang paling tua karena mungkin sudah ada sejak pertama kali terjadi perdagangan. Diskon ini diberikan bagi mereka yang membeli dalam jumlah banyak yang biasanya untuk dijual kembali sehingga harga satuan dari produk-produk tersebut di pasaran tetap dapat terjaga dan para reseller atau orang yang menjual kembali produk-produk tersebut pun bisa mendapat keuntungan dari diskon yang diberikan tersebut. Namun, kekurangan dari jenis diskon ini adalah kita hanya bisa memberlakukannya jika kita memiliki stok produk yang cukup banyak.

 Itulah 10 ide diskon yang bisa dicoba untuk mendongkrak penjualan. Selama mencoba dan jika Anda membutuhkan jasa yang dapat membantu Anda dalam mengkampanyekan diskon yang Anda terapkan, seperti jasa desain konten media sosial, maka Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis seperti FR Consultant Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel