7 Tips Cara Menarik Minat Investor - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

7 Tips Cara Menarik Minat Investor

Strategi-yang-Harus-Dilakukan-untuk-Menarik-Minat-Investor

Dalam dunia bisnis, modal merupakan salah satu hal terpenting karena tanpa adanya modal, mustahil sebuah bisnis bisa berjalan. Selain itu, modal juga dibutuhkan untuk mengekspansi bisnis agar semakin besar. Dalam hal mencari modal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya yang paling populer adalah dengan mencari investor. Namun, mencari investor yang berminat untuk menginvestasikan modalnya pada bisnis yang kita miliki dan jalankan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, berikut kami berikat 7 tips cara menarik minat investor agar tertarik untuk berinvestasi pada bisnis kita. 

Menunjukkan produk bisnis kita yang paling diminati oleh para konsumen

Salah satu cara yang paling baik dan efektif untuk menarik minat investor adalah dengan menunjukkan produk bisnis kita yang paling diminati oleh para konsumen. Kita bisa menunjukkan jumlah penjualan produk tersebut yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan produk-produk lainnya serta testimoni atau ulasan dari mereka yang telah membeli produk tersebut lengkap dengan alasan mengapa mereka membeli produk tersebut, khususnya bagi mereka yang sudah membeli produk tersebut lebih dari satu kali. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kita memiliki bisnis yang sudah berjalan. Jadi, jika kita ingin mencari investor untuk bisnis yang baru akan dirintis, maka cara ini tidak bisa digunakan.

Menunjukkan purwarupa produk bisnis kita yang paling menarik

Cara untuk menarik minat investor yang sudah disebutkan sebelumnya memang hanya bisa digunakan jika kita memiliki bisnis yang sudah berjalan. Lantas, bagaimana jika bisnis kita belum berjalan dan baru akan dirintis? Tentunya kita tetap bisa menarik minat investor dengan purwarupa produk bisnis kita yang paling menarik yang kira-kira akan menjadi tulang punggung bisnis kita nantinya. Dalam hal ini, tentunya kita perlu menjabarkan alasan-alasan yang akan bisa membuat produk tersebut menjadi produk yang paling diminati oleh para calon konsumen kita, mulai dari fitur-fitur unggulan produk tersebut hingga harga yang kompetitif serta tren produk tersebut di pasaran.

Menunjukkan profit yang sudah didapatkan oleh bisnis kita selama bisnis kita berjalan

Cara selanjutnya untuk bisa menarik investor adalah dengan menunjukkan profit yang sudah didapatkan oleh bisnis kita selama bisnis kita berjalan. Cara ini tentunya adalah cara yang paling jitu dan informasi tentang profit tersebut merupakan salah satu informasi yang paling penting bagi para calon investor. Hal ini sangatlah wajar mengingat bahwa tujuan para investor menginvestasikan modal mereka pada bisnis kita adalah untuk mendapatkan keuntungan. Mereka tidak akan berani berinvestasi pada bisnis kita jika bisnis kita tidak bisa mendatangkan keuntungan sama sekali bagi mereka dan dengan menunjukkan bukti nyata tentang profit yang sudah kita dapatkan, maka kita sudah seperti memberikan jaminan kepada mereka bahwa modal yang mereka investasikan pada bisnis kita akan kembali lagi kepada mereka dengan jumlah lebih banyak pada waktunya. Namun, perlu diingat juga bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika bisnis kita berjalan dan bukan baru akan dirintis.

Menunjukkan alur atau skema monetisasi bisnis kita

Cara yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu menunjukkan profit yang sudah didapatkan selama bisnis kita berjalan, memang hanya dapat dilakukan jika bisnis kita sudah berjalan selama minimal beberapa bulan. Lantas, bagaimana jika kita baru akan merintis bisnis kita? Cara untuk menarik minat investor untuk menginvestasikan modal mereka pada bisnis yang baru akan kita rintis adalah dengan menunjukkan alur atau skema monetisasi bisnis kita. Karena kita berbicara hal yang belum terjadi dan baru berbentuk skema, pastinya akan lebih sulit untuk bisa menarik minat investor. Namun, tidak ada yang mustahil dalam hal ini, apalagi jika alur atau skema monetisasi bisnis kita terlihat begitu nyata atau realistis bagi para calon investor kita.

Menunjukkan visi bisnis kita ke depannya

Cara berikutnya untuk bisa menarik minat investor adalah dengan menunjukkan visi bisnis kita ke depannya. Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, cara ini bisa dilakukan baik bisnis kita sudah berjalan maupun baru akan dirintis. Sebab, tentunya bisnis yang baru akan dirintis pun memiliki visi ke depannya. Dalam hal ini, kita harus bisa menunjukkan visi yang positif, khususnya yang memiliki profit yang cukup tinggi, kepada para calon investor sehingga mereka yakin bahwa modal yang mereka investasikan pada bisnis kita tidak akan terbuang sia-sia.

Menawarkan skema persentase pembagian hasil yang menarik

Setelah menunjukkan visi dan proyeksi profit yang bisa dihasilkan oleh bisnis kita, hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menarik minat para investor adalah dengan menawarkan skema persentase pembagian hasil yang menarik. Dalam hal ini, tidak peduli seberapa besar profit yang bisa dihasilkan bisnis kita, jika para investor hanya mendapatkan persentase pembagian hasil yang jumlahnya sedikit dari profit tersebut, maka para investor tetap tidak akan tertarik untuk menginvestasikan modal mereka pada bisnis kita. Oleh karena itu, buatlah skema persentase pembagian hasil yang menarik untuk para calon investor. Dalam hal ini, persentase pembagian hasil tersebut bisa didasarkan dari persentase modal yang mereka investasikan terhadap modal keseluruhan.

Menggunakan “pitching” yang baik dan menarik

Cara terakhir dan yang paling penting untuk menarik minat investor untuk berinvestasi pada bisnis kita adalah dengan menggunakan “pitching” yang baik dan menarik. Pitching itu sendiri merupakan sebuah cara atau usaha untuk meyakinkan lawan bicara kita (dalam hal ini, yaitu para investor) untuk melakukan apa yang kita inginkan (dalam hal ini, yaitu berinvestasi para bisnis kita). Maka dari itu, tidak peduli sebesar apa profit bisnis kita, semenarik apa visi bisnis kita, dan sebesar apa persentase pembagian hasil keuntungan yang kita tawarkan, jika penyampaian hal-hal tersebut tidak didukung oleh pitching yang baik, maka para calon investor tidak akan tertarik untuk berinvestasi pada bisnis kita. Oleh karena itu, gunakanlah pitching yang baik saat menyampaikan semua hal tersebut.

Itulah 7 tips cara menarik minat investor untuk berinvestasi pada bisnis kita. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat dan Anda sukses dalam menarik minat para investor.

0 Response to "7 Tips Cara Menarik Minat Investor"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel