7 Mindset penting untuk kamu yang ingin berbisnis kopi - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

7 Mindset penting untuk kamu yang ingin berbisnis kopi

Mindset-penting-untuk-kamu-yang-ingin-berbisnis-kopi
7 Mindset penting untuk kamu yang ingin berbisnis kopi

7 Mindset penting untuk kamu yang ingin berbisnis kopi.

Berbisnis kopi membutuhkan kegigihan dan keuletan pebisnis yang menjalaninya. Pebisnis yang ingin terjun dalam bisnis kopi, membutuhkan mindset yang tepat. Karena sekarang ini telah banyak kedai kopi yang bertebaran, otomatis persaingan bisnis kopi pun menjadi lebih ketat dan tidak tanggung-tanggung. Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis kopi, pastikan dulu Anda paham mindset seorang pebisnis kedai kopi.

Pengertian dari mindset adalah kerangka berpikir, yang dibutuhkan untuk membangun sikap dan perilaku, yang juga dapat berdampak pada proses pengambilan keputusan. Seandainya Anda belum memiliki mindset yang kuat, maka Anda harus memulai membangun mindset tersebut. Dengan mindset yang tepat, Anda pun dapat lebih mudah memulai, membangun, dan mengelola bisnis kedai kopi idaman Anda.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis, Keuangan dan Pajak.

Karena tanpa adanya mindset yang kuat, kedai kopi Anda tidak akan bisa beroperasi sebagaimana harusnya. Anda pun akan mengalami kesulitan dalam mengelola karyawan Anda di kedai kopi. 

Apa sajakah mindset pebisnis kopi yang harus dibangun sejak dini? Simak penjelasan berikut ini.

Mindset Pebisnis Kopi yang Harus Dibangun sejak Dini

Dilansir dari koinworks.com, berikut merupakan mindset yang harus dimiliki dan dibangun oleh seorang pebisnis kopi, diantaranya :

1. Miliki Sikap Optimis

Optimis merupakan sikap penting bagi setiap pebisnis. Karena tanpa adanya sikap optimis, otomatis Anda pun akan kesulitan membangun bisnis yang penuh resiko. Bahkan dalam kategori bisnis apa pun. Sikap optimis menjadi penyokong bagi para pebisnis untuk memulai suatu usaha dan menjalankan usahanya. Hal ini dikarenakan sikap optimis diartikan sebagai sikap seseorang yang percaya akan kemampuan dirinya.

Sikap optimis yang ideal adalah optimis yang disertai sikap realistis. Sehingga dapat menjaga keseimbangan antara impian Anda dengan cita-cita membangun kedai kopi yang diimpikan. 

Rasa optimis itu dijadikan sebagai tonggak bagi diri sendiri untuk tetap bersemangat. Namun, tidak menjadikan seseorang menjadi serakah atau melampaui batas.

2. Berani mengambil resiko

Mindset pebisnis kopi selanjutnya adalah berani dalam memutuskan sebuah hal yang besar. Artinya seorang pebisnis kopi harus mampu mengambil keputusan yang dirasa baik untuk perkembangan dan kemajuan bisnis yang sedang dijalani. Selain itu, sebagai pebisnis kopi tentunya kamu dituntut untuk berani dalam segala hal.

Keberanian di sini tentu harus dengan perhitungan yang matang. Optimis dan berani, harus didukung perhitungan yang matang dan siap rugi apabila sampaia terjadi kerugian. Karena tanpa adanya perhitungan, keberanian akan menjadi kenekatan yang justru berujung pada kerugian besar.

3. Bersikap Bertanggung jawab

Tanggung jawab ini perlu dimiliki semua pebisnis. Karena bisnis apa pun tidak akan bisa berkunjung baik dan menuju sukses, apabila tidak disertai dengan tanggung jawab yang kuat.

Seorang pebisnis kopi harus mampu membangun prinsip bahwa tanggung jawab yang dimiliki bukanlah hal yang patut untuk diremehkan. Hal ini berkaitan dengan sportivitas dalam diri seseorang yang akan berpengaruh besar terhadap bisnis yang dijalankan.

Kalau pun kamu rupanya mengalami kesulitan untuk menentukan konsep dan strategi bisnis serta keuangan bisnis kopi, kamu bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan seperti FR Consultant Indonesia untuk kamu.

Oleh karena itu, mindset pebisnis kopi perlu di upgrade ketika kamu memiliki sifat yang cenderung meremehkan tanggung jawab. Karena tanggung jawab diibaratkan sebagai tugas besar yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan atau cita-cita.

4. Memahami Disiplin waktu

Disiplin merupakan kata yang menjabarkan tentang ketepatan terhadap suatu hal. Sehingga disiplin waktu merupakan ketepatan waktu dalam melakukan kegiatan rutin baik itu harian, mingguan, ataupun bulanan.

Sikap disiplin yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadap hasil usaha yang dilakukan. Hal ini dikarenakan seseorang yang cenderung memanfaatkan waktunya sebaik mungkin akan mampu mengontrol dirinya untuk berada di waktu yang tepat.

Maka dari itu, disiplin waktu menjadi salah satu mindset pebisnis kopi yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan dari usaha yang dijalankan.

Dengan adanya sikap disiplin tentunya seluruh kegiatan bisnis atau usaha mampu dikoordinasikan dengan baik dan sesuai jadwal. Sehingga tidak diperlukan penjadwalan ulang atau adanya satu kegiatan yang tertunda. Hal ini juga akan berpengaruh besar terhadap bisnis kopi yang dijalankan.

5. Memperbesar visi dan misi

Visi dan misi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Ketika kamu memiliki misi tentunya kamu juga dituntut untuk memiliki visi. Yakni cara atau langkah apa yang perlu kamu ambil untuk mencapai misi atau target bisnis.

Maka dari itu, mindset pebisnis kopi yang berupa memperbesar visi dan misi bertujuan untuk mencapai tujuan sesuai target dan memperoleh cara yang tepat untuk mencapainya.

6. Cinta terhadap bisnis yang dijalankan

Ketika kamu melakukan sebuah bisnis hal itu berarti kamu menyukai hal tersebut. Atau setidaknya terdapat keinginan dalam dirimu untuk melakukan sebuah usaha dengan tujuan memperoleh penghasilan atau keuntungan dari hal yang kamu usahakan.

Sehingga mencintai bisnis yang dijalankan merupakan mindset pebisnis kopi yang paling dasar. Hal ini berkaitan dengan semangat dan daya kerjamu ketika terjun langsung ke lapangan.

Semakin besar rasa cintamu terhadap bisnis yang dijalankan maka semakin besar pula peluangmu untuk mengembangkan dan memajukan bisnis tersebut.

7. Selalu ingin jadi lebih baik

Sikap pantang menyerah merupakan mindset pebisnis kopi yang harus dimiliki dan dibangun sejak dini. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan rasa ingin terus berkembang atau menjadi lebih baik lagi. Meskipun terdapat halangan yang menanti di masa yang akan datang.

Namun, ketika seseorang memiliki sikap pantang menyerah maka orang tersebut akan berusaha lebih optimal lagi untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Yuk, terapkan mindset bisnis di atas!

Sekarang kamu sudah tahu 7 mindset penting untuk berbisnis kopi. Maka tak khayal kamu bisa coba untuk mempraktikkannya dalam berbisnis kopi. Yang perlu diingat adalah kamu harus bisa bersabar dalam menjalani bisnis kopi. Karena tanpa adanya kesabaran, kamu pun akan kesulitan dalam meraih buah atau pun hasil dari berbisnis kopi. Tapi, seandainya kamu pun masih merasakan kesulitan? Kamu bisa menggunakan jasa konsultan bisnis untuk menjadi mentor bisnis kamu.

Gunakan Jasa Konsultan Bisnis Untuk Membantu Usaha Kopi Kamu!

Seandainya kamu pun mengalami kesulitan dalam melakukan proyeksi bisnis dan keuangan bisnis kopi yang kamu bangun, maka kamu bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai penyedia jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan. 

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel