Perusahaan Industri Manufaktur, Kenali Lebih Dekat - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Perusahaan Industri Manufaktur, Kenali Lebih Dekat

 

Perusahaan industri manufaktur saat ini semakin tersebar luas yang dapat ditemukan di berbagai wilayah. Walaupun persebaran yang luas dari perusahaan bidang manufaktur, sebagian besar masyarakat pasti belum mengetahuinya.

Perlu disadari bahwa keberadaan industri manufaktur memiliki perbedaan dengan perusahaan lain. Jika kamu ingin memulai berbisnis sebagai perusahaan manufaktur sebainya ketahui dulu struktur perusahaan yang harus dimiliki.

perusahaan industri manufaktur
interior view of a steel factory,steel industry in city of China.

Karena dengan struktur yang tepat bisa membantu para pengusaha mencapai tujuannya untuk meraih keuntungan. Kekompakan setiap anggota karyawan juga menjadi faktor penting kesuksesan sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Bagi yang belum tahu, perusahaan industri manufaktur adalah industri kental dengan penggunaan peralatan mesin, tenaga kerja dijual atau dipakai. Keberadaan manufaktur dalam industri memiliki kegiatan sangat beragam.

Adapun aktivtias karyawan di industri manufaktur dengan cara tradisional seperti pembuatan kerajinan tangan atau pemakaian teknologi. Jika memakai teknologi, tentunya mesin berperan penting memproduksi barang dengan skala yang besar.

Saat ini perusahaan manufaktur telah berkembang pesat membuat banyak pengusaha amatir ingin memulainya. Kamu tidak perlu khawatir bila ingin mengetahui lebih dekat tentang perusahaan industri di bidang manufaktur sejak dini.

Langsung saja ikuti seluruh pembahasan di bawah ini agar kenal lebih dekat dengan industri manufaktur. Jangan sampai melewatkan sedikitpun pembahasan kali ini karena kamu bisa mengenal perusahaan manufaktur secara lengkap.

Struktur Organisasi Perusahaan Industri Manufaktur

Melihat setiap perusahaan pasti punya struktur organisasi, begitu pula dengan industri yang bergerak di bidang manufaktur. Adanya struktur perusahaan membuat orang-orang kaya akan talenta dimasukkan ke dalam keahliannya.

Bekerja sesuai bidang membuat orang bertalenta di perusahaan industri manufaktur bisa menduduki struktur organisasi paling penting. Berikut kami berikan urutan kedudukan struktur organisasi dari level tertinggi lalu ke level rendah.

Direktur

Di urutan pertama kedudukan direktur menjadi bagian paling tinggi karena peran pentingnya sangat dibutuhkan. Direktur memiliki wewenang selalu bertanggung jawab terhadap seluruh operasional perusahaan di setiap harinya.

Penyedia Bahan

Urutan kedua di organisasi perusahaan manufaktur ditempati oleh penyedia bahan. Karena sebelum melakukan produksi barang tertentu, bahan harus disediakan sesuai keperluan oleh penyedia bahan dalam organisasi tersebut.

Alat Produksi

Perusahaan industri manufaktur diwajibkan memiliki tim alat produksi untuk mengecek dan memelihara mesin agar awet dalam jangka lama. Mengingat kelancaran proses produksi dipengaruhi oleh kinerja mesin yang optimal.

Keuangan

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi yang bertanggung jawab penuh terhadap keuangan. Di sini seluruh uang yang beredar pada perusahaan akan menjadi tanggung jawab penuh manajemen keuangan.

Produksi

Melihat kegiatan bisnis manufaktur cenderung fokus ke proses produksi, maka aktivitas ini sangat penting. Struktur organisasi perusahaan bidang manufaktur tidak boleh melupakan tim produksi karena memiliki beberapa bagian di dalamnya.

Tim di dalamnya dibagi menjadi 4, antara lain ada pra-produksi yang menyiapkan bahan dari penyedia. Kemudian terdapat tim bagian produksi yaitu melakukan proses pembuatan bahan mentah menjadi siap dipakai.

Ini Perusahaan industri manufaktur di struktur produksi ada quality control yang berperan mengecek kualitas barang agar sesuai standar dan layak diperdagangkan. Terakhir tim pasca-produksi yaitu menyimpan barang dalam kemasan agar aman.

HR

Tidak ketinggalan, perusahaan manufaktur butuh Human Resource (HR) untuk mengatur setiap karyawan. HR memiliki tugas-tugas penting seperti rekrut karyawan baru, pengembangan, evaluasi, konsul, admin, dan pemutusan hubungan kerja.

Penjualan

Terakhir dalam struktur organisasi perusahaan manufaktur membutuhkan bagian penjualan agar bisa meraih omzet sesuai keinginan. Karena keberhasilan hasil produksi dihitung dari jumlah penjualan produk ke konsumen secara luas.

Tugas Utama HR dalam Industri Manufaktur

Di dalam perusahaan industri manufaktur, terdapat seorang HR yang harus bekerja secara optimal memecahkan banyak masalah. Sebab semakin ke sini banyak persaingan muncul dari perusahaan kompetitor yang harus dilawan.

HR memiliki tugas utama seperti mengatur laporan administrasi perusahaan, mengatur relasi antara manajer dan karyawan. HR juga menerapkan aturan manajemen, merekrut karyawan baru, kompensasi manajemen, melatih karyawan, dan menilai kinerja.

Tugas penting HR tidak terlepas dari kesulitan yang akan dihadapi orang bertalenta di bidang ini. Sebagaimana tugas utama HR yang cukup banyak, tentunya ada berbagai kesulitan harus dihadapi langsung.

Kesulitan Menjadi HR di Perusahaan Bidang Manufaktur

Perusahaan industri manufaktur dengan ambisi besar membuat HR memiliki kendala atau tantangan yang harus dihadapi. Jika kamu ingin menjadi HR, pastikan ketahui tantangannya selama berkecimpung di dunia bisnis manufaktur.

Tantangan pertama terletak pada proses perekrutan sebuah karyawan agar bisa membentuk struktur organisasi perusahaan. Kekurangan pekerja menjadi masalah utama bagi HR karena bisa membuat perusahaan kurang maju.

Selain itu jumlah investasi yang kurang memadai dalam mengembangkan karyawan bisa menjadi kendala bagi HR. Apalagi setiap bisnis manufaktur selalu dikenal memiliki gaji standar, lingkungan cenderung buruk, dan tunjangan kecil.

Ini Perusahaan industri manufaktur membutuhkan HR, ada tantangan lain yang dihadapi dari industri kompetitor. Persaingan sengit antara perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur harus diatur HR secara baik.

Bukan hanya itu, kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh HR dapat membuat perusahaan sulit maju. Oleh karena itu industri HR harus memiliki pengalaman luar biasa dan kompetensi tinggi supaya bekerja maksimal.

Dengan memiliki HR terbaik, perusahaan bisa mencapai tujuan masing-masing secara mudah dan lebih cepat. Pentingnya keberadaan HR di industri manufaktur memang tidak dapat ditinggalkan sebab perannya cukup vital.

Dalam meraih kesuksesan sebagai industri bidang manufaktur, kamu harus memulai dengan menyusun struktur tersebut. Setelah benar melakukan pembuatan struktur, dijamin perusahaan industri manufaktur berjalan lancar untuk mencapai tujuan utama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel