Cerdas Keuangan adalah salah satu cara menjadi seorang Entrepreneur - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Cerdas Keuangan adalah salah satu cara menjadi seorang Entrepreneur

 Siapa yang tidak ingin menjadi entrepreneur, semua orang pasti mau dan  ingin. Tetapi tidak semua  orang tahu dan bisa menjalankannya, terlebih bagi kita  yang masih berusia muda. Namun kalian tidak perlu risau, karena salah satu cara untuk bisa jadi entrepreneur adalah cerdas keuangan.

Mungkin kita bertanya, yang dimaksud dengan cerdas keuangan itu seperti apa dan bagaimana caranya untuk kita bisa jadi pribadi yang cerdas keuangan.  Ada dua hal yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi cerdas dalam hal hal yang berhubungan dengan masalah keuangan.  Pertama cobalah belajar secara mandiri dari banyak sumber,  tetapi jika kalian tidak bisa maka hal itu justru akan membuat kalian menjadi tambah bingung.

cerdas-keuangan
Young asian couple managing finances, reviewing their bank accounts using laptop computer and calculator at modern home. Woman and man doing paperwork together, paying taxes online on notebook pc. sumber

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah mencoba  melakukan diskusi dengan institusi seperti FR Consultant Indonesia.  Kenapa FR Consultant, karena dengan berdiskusi dengan lembaga seperti ini wawasan dan keinginan anda untuk bisa tahu banyak hal bisa tersalurkan secara benar.  Jangan sampai keinginan anda untuk tahu justru menjadi salah langkah. Maka  memang tepat  jika keinginan itu di salurkan kepada yang tepat.

Sejatinya menjadi pribadi yang cerdas itu memiliki banyak keuntungan . Tidak saja untuk diri anda sendiri tetapi juga untuk keluarga anda atau orang orang yang ada di sekitar anda.  Sehingga ada bisa menjadi motivasi bagi mereka ketika diri anda sudah sukses. Menarik bukan, ketika kesuksesan kalian bisa di contoh oleh orang lain.

baca juga : Jadikan Admin Keuangan Fungsi Kontrol awal bagi Perusahaan

Paling tidak untuk bisa menjadi diri yang cerdas keuangan, maka ada beberapa hal yang bisa coba anda lakukan secara personal. Bukan  untuk membuktikan  bahwa anda mampu melakukannya sendiri, tetapi setidaknya hal itu bisa anda coba dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Karena kita  tidak tahu sejauh mana anda memahami apa yang di maksud dengan cerdas  dalam mengelola masalah keuangan tadi.

  1. Coba anda untuk bisa memahami sejauh mana anda bisa tahu semua hal yang bernilai itu secara benar perspektif bisnisnya. Kenapa perspektif bisnis,  karena ini berhubungan dengan masalah uang. Ambil contoh anda punya barang bernilai seperti misalnya HP, apakah anda ingin menggunakan HP hanya untuk berkomunikasi atau bisa juga sekalian untuk berbisnis.
  2. Ada baiknya coba anda belajar untuk menabung, dalam hal ini menabung  tidak harus di Bank. Tetapi makna menabung disini adalah menyisihkan uang untuk di simpan hingga pada saat di butuhkan bisa di gunakan. Bisa menabung dengan membelikan barang yang bisa di jual dengan cepat. Atau menabung di  “ celengan “ yang ada dirumah sehingga akan mudah di ambil ketika ada kebutuhan mendesak.
  3. Melakukan  investasi di usia dini itu bagus, selama skema dan model investasinya jelas anda tidak perlu kuatir.  Makanya cara lebih baik sebelum berinvestasi adalah mempelajari segala hal sebelum memulai untuk berinvestasi.
  4. Cobalah untuk membuat sebuah program perencanaan yang berhubungan dengan bisnis. Semakin sering anda melakukan hal itu akan semakin mempermudah anda dalam membuat sebuah perencanaan bisnis yang bisa di pertangungjawabkan.
  5. Jika anda bisa melakukannya, maka artinya anda sudah paham apa yang mesti di jalankan dalam mengelola keuangan anda.
  6. Selalu berusaha untuk menganalisa kondisi buku tabungan yang anda miliki. Karena buku tabungan  itu bisa mencerminkan kondisi kita dalam mengelola keuangan dan melihat cara kita dalam menggunakan modal atau dana yang kita miliki. Sehingga ketika buku  tabungan itu  kita ibaratkan laporan keuangan kita akan bisa menjaganya dengan baik.
  7. Membiasakan diri mencari teman yang bisa memberikan efek positif adalah cara terbaik untuk anda  bisa mendapatkan hal terbaik dari pertemanan anda.  Karena teman yang baik akan membuat diri kita akan terbawa baik, tetapi sebaliknya. Oleh karena itu pilah pilih teman adalah cara terbaik untuk membuat hidup anda lebih baik.
  8. Berusaha untuk mencoba sesuatu yang anda yakini itu adalah sebuah kebenaran. Karena berani berbuat dengan perhitungan itu akan jauh lebih baik dari pada anda hanya berfikir bahwa cara  itu tidak benar dan akan merugikan. Karena apapun kondisinya ketika anda sudah mencoba maka anda akan tahu seperti apa selanjutnya, apa melanjutkan usaha itu atau sebaliknya tidak melanjutkannya.
  9. Hal terakhir yang mesti menjadi perhatian anda adalah ada baiknya membuat sebuah catatan yang berhubungan dengan keuangan. Baik catatan masuk ataupun keluar, dengan adanya catatan itu anda akan bisa menganalisa di kemudian hari terkait bagaimana cara anda menggunakan uang  yang anda miliki.

Dengan anda memahami segala hal yang telah di jelaskan diatas, dan mencoba untuk menjalankannya maka sudah barang tentu anda akan berusaha menjadi diri  yang lebih baik di masa kini dan mendatang.  Karena seseorang itu dengan belajar akan semakin mudah untuk meningkatkan kualitas dirinya dibandingkan dengan orang yang tidak suka belajar.

Sehingga dengan penjelasan diatas terkait masalah cerdas keuangan, sebenarnya itu hanyalah masalah istilah saja untuk menjelaskan performance seseorang yang tahu bagaimana cara mengelola keuangan secara benar. Benar bukan sekadar benar, tetapi dia tahu bagaimana mengoptimalkan kondisi yang ada pada dirinya hingga pada akhirnya bisa memberikan value yang lebih baik dari kondisi keuangan yang dimilikinya. Jadi untuk apa saat ini anda tidak mencoba untuk jadi pribadi cerdas keuangan jika anda tahu bahwa dengan cara seperti itu anda akan  bisa mendapatkan hal yang lebih  baik dalam hidup anda. Karena kehidupan kita itu hanya kita yang bisa mengubahnya. Baik dan buruknya kita dalam mengelola masalah keuangan semua akan berimbas pada diri kita tidak saja masa kini tetapi masa depan, sehingga hanya kitalah yang bisa memilih kehidupan seperti apa dengan kondisi kita dalam mengelola keuangan yang akan kita tentukan kedepannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel