Pentingnya Struktur Organisasi Perusahaan dalam Bisnis - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Pentingnya Struktur Organisasi Perusahaan dalam Bisnis

 Memiliki struktur organisasi perusahaan sangat penting dalam memberi peranan jelas  pada setiap posisi. Dalam penataannya juga akan sangat mempengaruhi produktivitas ketika mengembangkan juga menjalankan bisnis.

Kalau dijabarkan, struktur ini merupakan garis hierarki atau tingkatan yang mendeskripsikan komponen-komponen penyusun perusahaan. Dengan begitu, hal-hal berkaitan dengan pembagian tugas juga tanggung jawab tidak tumpang tindih dalam sebuah wewenang.

Struktur organisasi perusahaan

Penempatan seseorang biasanya akan disesuaikan dengan bidang dan keahlian masing-masing. Bukan hanya agar hasilnya maksimal, namun patokan jumlah gahi bisa disesuaikan dengan posisi maupun kemampuannya.

Peran dari Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap posisi pada struktur organisasi perusahaan memiliki peran masing-masing. Beberapa yang sangat penting sekaligus masuk di dalamnya adalah pemegang saham, komisaris, juga direksi.

Wewenang pemegang saham nantinya akan diberikan pada direksi dengan melalui komisaris untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tujuan. Sementara itu, komisaris memiliki peran dalam mengawasi jajaran direksi.

Seseorang dalam direksi akan bertanggung jawab dan berwenang untuk mengurus perusahaan. Dalam direksi sendiri biasanya ada satu direktur utama, tiga wakil direktur utama, juga enam direktur yang dibutuhkan perusahaan.

Struktur organisasi perusahaan selanjutnya adalah direktur utama berwenang merumuskan serta menetapkan kebijakan. Selain itu tugas lainnya adalah memajukan juga mengembangkan perseroan terbatas dengan ide bermanfaat.

Selanjutnya adalah direktur yang bertugas memberik penetapan tujuan manager, mengawasi dan mengkoordinasi semua kegiatan secara periodik. Jika terjadi kerugian karena tugas tidak dijalankan dengan baik, maka direktur harus bertanggung jawab sesuai kebijakan UU.

Direktur keuangan bertugas melakukan pengawasan pada operasional keuangan juga prosedur pelaksanaan secara rinci. Sementara Direktur Personalia akan bertanggung jawab dalam perkembangan sistem perencanaan personalia juga kebijakan pegawai.

Tugas manager adalah membuat pengarahan, kebijakan, juga mengembangkan potensi dari karyawan. Sementara ADM dan Gudang merupakan struktur organisasi perusahaan yang mengatur serta mencatat pengeluaran maupun pemasukan berkaitan outsourcuing.

Devisi regional memiliki tugas mengelola aset serta menjalankan tugas sesuai arahan, prosedur, dan target yang disepakati. Selain itu, masih ada struktur-struktur lainnya dengan tugas juga perannya masing-masing.

Baca juga : Kunci Sukses Perusahaan Adalah Penerapan Manajemen Bisnis Yang Baik

Manfaat dari Adanya Struktur

Struktur organisasi perusahaan bisa memberikan banyak manfaat, lho! Itu kenapa setiap perseroan terbatas harus memilikinya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki struktur organisasi ini dalam perusahaan.

Tanggung Jawab Jelas

Dengan adanya struktur organisasi ini, maka setiap anggota akan memiliki tanggung jawab serta tugas jelas. Dengan begitu tidak akan terjadi tumpang tindih wewenang yang bisa berdampak buruk dalam berjalannya bisnis.

Bukan hanya itu, karyawan yang masuk dalam hierarki akan lebih mudah dalam melakukan koordinasi kedudukan dan pekerjaannya. Dengan begitu, kesalahan informasi dan komunikasi bisa dihindari.

Kejelasan Kedudukan

Adanya struktur organisasi perusahaan bermanfaat untuk menjelaskan kedudukan dan juga posisi setiap anggota. Dengan adanya bagan struktur ini, maka akan memperluas alur dari komunikasi setiap tim.

Kejelasan Jalur Hubungan

Selanjutnya adalah jalur hubungan yang jelas dalam melakukan tugas maupun tanggung jawab yang diberikan. Dengan jalur hubungan yang jelas ini pekerjaan akan jauh lebih efisien sehingga perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan.

Pengawasan dan Pengendalian

Manfaat lainnya adalah dalam hal pengendalian dan juga pengawasan pemimpin pada bawahannya sehingga kinerja sesuai tugas masing-masing anggota. Apalagi, bisnis yang ideal jika memiliki tim dengan koordinasi yang baik dan benar.

Jenis pada Struktur Organisasi

Mungkin tidak banyak orang tahu jika struktur organisasi perusahaan memiliki beberapa jenis yang digunakan. Berikut adalah jenis-jenisnya dan juga penjelasan mengenai strukturnya.

Fungsional

Jenis ini sangat sering digunakan oleh peseroan terbatas dan sangat cocok untuk bisnis yang hanya menghasilkan beberapa produk atau jasa tertentu. Pembagian kerja dalam struktur fungsional berdasarkan fungsi masing-masing.

Kelebihannya adalah dapat menekan biaya operasional dan mudah dalam melakukan pengawasan maupun evaluasi. Sementara kekurangannya adalah sulitnya berdiskusi atau komunikasi antar unit.

Divisional

Stuktur organisasi perusahaan menggunakan divisional akan mengelompokkan setiap anggota berdasar kesamaan produk, jasa, pasar, maupun letak geografis. Biasanya digunakan untuk perusahaan skala menengah ke atas karena biaya operasionalnya yang tinggi.

Kelebihannya adalah lebih mudah dalam pengelolaan karena divisi terpecah menjadi bagian lebih kecil. Sementara kelemahannya adalah pada alokasi sumber daya dan distribusi biaya yang dikeluarkan.

Lini

Jenis struktur organisasi perusahaan lini merupakan hubungan antara atasan dan bawahan yang terjadi secara langsung dan berbentuk vertikal. Pada jenis ini pimpinan tertinggi dengan jabatan terendah dihubungkan dengan komando atau wewenang.

Pada jenis ini biasanya digunakan untuk bisnis kecil seperti warung, bengkel, atau lainnya dengan kelebihan kesatuan pimpinan ada pada satu orang. Sementara untuk kelemahannya adalah ketergantungan karyawan terhadap pada satu orang itu.

Lini dan Staf

Pada jenis ini, sistem yang digunakan adalah gabungan beberapa kombinasi dari organisasi lini, namun tugas pemimpin dibantu dengan staf. Setiap staf memiliki peran dalam memberikan saran dan masukan, juga pikiran, ide, serta gagasan baru.

Sangat cocok diterapkan pada perusahaan skala kecil karena kelebihan dalam hal tingginya disiplin moral karyawan sesuai tugas masing-masing. Sementara kekurangannya ada pada solidaritas karena tidak saling mengenal satu sama lain.

Matriks

Matriks merupakan gabungan dari fungsional dan divisional yang bertujuan untuk melengkapi dan saling menutupi kekurangan pada kedua sistem itu. Sementara kelemahannya ada pada tuntutan ganda yang seringkali membingungkan.

Komite atau Proyek

Terakhir adalah sistem komite yang memiliki kelebihan dalam hal pengambilan keputusan karena musyawarah berlangsung baik antara pemegang saham maupun dewan. Kelemahannya adalah terjadi penghindaran dari tanggung jawab ketika ada masalah.

Sebuah perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya tim yang bekerja dengan baik sesuai dengan tugasnya. Oleh karena itu, struktur organisasi perusahaan sangat berperan dalam menjalankan bisnis agar tidak terjadi tumpang tindih wewenang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel