Penjelasan Lengkap serta Susunan Struktur Organisasi Perusahaan - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Penjelasan Lengkap serta Susunan Struktur Organisasi Perusahaan

 Dalam sebuah perusahaan diperlukan penyusunan struktur organisasi yang jelas agar setiap personil memiliki tugas dan tanggung jawabnya setiap divisinya untuk menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan.

Memahami mengenai penyusunan struktur organisasi sangatlah penting khususnya untuk kamu tengah membangun sebuah bisnis/perusahaan. Dikarenakan dapat membuat kinerja setiap karyawan menjadi lebih jelas, ideal dan sesuai dengan tanggung jawabnya.

struktur organisasi
Sumber

Sehingga setiap orang bekerja akan menjadi lebih efektif dan efisien karena setiap struktur memiliki tanggung jawabnya masing-masing dan lebih terarah. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kami akan membahasnya pada artikel ini.

Pengertian dari Struktur Organisasi Pada Perusahaan

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya penyusunan struktur ini adalah tingkatan atau susunan berisi pemberian peran dan tugas perorangan. Tugas setiap struktur pasti akan berbeda-beda di sesuaikan dengan jabatannya pada perusahaannya.

Stuktur organisasi biasanya dibuat dengan bentuk bagan atau garis hirarki yang akan mendeskripsikan komponen-komponen perusahaan tersebut. Dengan adanya ini setiap pekerja atau karyawan dapat menjalankan tugasnya sesuai perannya.

Serta akan bekerja lebih efektif dan efisien karena hanya akan mengerjakan tugas sesuai dengan perannya saja. tujuan dari penyusunan struktur organisasi ini membuat perusahaannya lebih mudah dalam pembagian tugas dan tanggung jawab.

Karena dapat disesuaikan dengan perannya masing-masing pada perusahaannya. Sehingga kamu bisa menempatkan memberikan tugas pada setiap individu sesuai dengan keahliannya sendiri pada bidang berbeda-beda.

Setiap perusahaan sukses pastinya mereka juga memiliki struktur organisasi yang telah tersusun dengan jelas dan rapi. Sehingga setiap karyawannya dapat membantu perusahaan tetap berjalan dan mencapai tujuannya sendiri.

Penyusunan struktur organisasi ini bisa dikatakan sangat penting karena berfungsi sebagai pedoman untuk manajemen bisnis serta penyusunan strategi agar bisa mencapai target/tujuan sebuah perusahaannya.

Tanpa adanya hal ini tentu saja akan membuat bisnis tersebut sulit untuk berkembang dan SDM yang berpotensi juga tidak bisa bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga : Optimalkan Potensi Bisnis Anda dengan Menggunakan Perusahaan Perorangan

Manfaat Penting dari Adanya Struktur Organisasi Pada Perusahaan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penyusunan bagan organisasi ini sangat penting untuk membuat pekerjaan setiap sumber daya manusia menjadi lebih jelas dan rapi. Selain hal tersebut, terdapat manfaat lainnya dari struktur organisasi pada perusahaan.

Membangun komunikasi serta kolaborasi dalam tim

Dalam sebuah tim tentu saja diperlukan komunikasi yang baik untuk membuat hasil pekerjaan baik. Dengan adanya hal ini membuat komunikasi dan kolaborasi antar karyawan menjadi lebih baik.

Dikarenakan pemimpin akan lebih mudah untuk memberikan tugas kepada setiap bawahannya sesuai dengan keahlian anggota dalam timnya sendiri. Sehingga dapat menghindari adanya duplikasi pekerjaan dan mempermudah dalam pengambilan keputusan.

Sistem operasional menjadi efisien

Selanjutnya, manfaat dari struktur organisasi lainnya adalah membuat sistem operasionalnya menjadi lebih efisien dibandingkan tidak adanya penyusunan bagan peran tersebut. Hal ini karena pada bagan tersebut biasanya disertakan dengan deskripsi strukturnya.

Juga berisi mengenai prosedur serta tugasnya masing-masing berguna untuk mengoptimalkan kinerja setiap timnya.

Konflik antara Karyawan Bisa Berkurang

Selanjutnya, manfaat dari penyusunan bagan organisasi adalah meminimalisir terjadinya konflik yang kadang-kadang terjadi antar karyawan dikarenakan terjadinya duplikasi pekerjaan. bagan tersebut dapat membantu para karyawan untuk tetap fokus pada pekerjaannya sendiri.

Hal ini dapat meminimalisir terjadinya konflik biasanya sering terjadi pada perusahaan yang tidak memiliki struktur organisasi jelas, tertata dan rapi.

Meningkatkan kualitas produktivitas setiap karyawan

Meningkatkan produktivitas para karyawan merupakan tugas yang harus dijaga oleh perusahaannya. Cara untuk meningkatkannya adalah menyusun bagan organisasi dengan rapi beserta dengan deskripsi dan tugasnya masing-masing.

Sehingga setiap karyawan hanya akan fokus pada tugasnya sendiri. Selain itu hal tersebut juga akan meningkatkan self confidence setiap karyawan.

Inilah Daftar Susunan Struktur pada Perusahaan Secara Umum

Setiap perusahaan tentunya memiliki susunan struktur kurang lebih sama, dari mulai direksi, manajer, departemen atau divisi dan sampai karyawan. Berikut ini susunan pada perusahaan beserta dengan tugasnya masing-masing.

Direksi

Direksi merupakan seorang individu yang memiliki tugas untuk mengusur sebuah perusahaan khususnya perseroan terbatas. Memiliki peran sangat penting dalam perusahaannya karena merupakan pemimpin dengan wewenang untuk mengambil keputusan terhadap jalannya serta perkembangan pada perusahaannya.

Setiap perusahaan umumnya memiliki satu orang direktur utama, serta tiga orang wakil serta enam orang direktur. Semua jabatan tersebut memiliki wewenang dan peran yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya masing-masing

Manajer

Manajer perusahaan merupakan orang memiliki peran mengintegraskan sebuah potensi serta karakteristik yang dimiliki karyawannya untuk mencapai tujuan perusahaannya. Tugasnya terdiri atas melakukan pembinaan serta arahan, membuat kebijakan, melakukan monitoring sampai supervisi.

Departemen atau divisi

Pada setiap struktur organisasi pasti akan ada istilah departemen atau divisi bertugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalnya divisi pemasaran, divisi keuangan, divisi administrasi dan banyak lagi.

Biasanya dipimpin oleh kepala divisi atau team leader, diisi oleh anggota tim yang kompeten di bidangnya sehingga bisa melakukan tugas sesuai dengan tugas divisinya sendiri.

Administrasi dan gudang

Selanjutnya, administrasi dan gudang biasanya terbagi lagi menjadi tiga bagian utama seperti accounting, CMT dan kasir. Setiap posisinya memiliki peran tidak kalah pentingnya dengan posisi sebelumnya.

Administrasi dan gudang memiliki peran untuk mengatur serta menganalisis keuangan pada perusahaannya. Khususnya pada bagian accounting yang memiliki tugas untuk membuat laporan keuangan pada aplikasi laporan keuangan setiap perusahaan.

Selain itu untuk gudang berfungsi untuk memegang tanggung jawab pada inventaris perusahaan. Dari mulai mendata keluar masuknya setiap barang terdapat di gudang.

Pembagian peran ini diharapkan dapat diterapkan pada setiap usaha yang kamu jalankan agar setiap sumber daya manusia kamu gunakan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Tidak hanya pada perusahaan besar saja, struktur organisasi juga bisa diterapkan pada usaha kecil yang sudah memiliki karyawan sehingga bisa menjalankan tugas dengan bertanggung jawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel