4 Alasan Pembukuan Dapat Berperan Mendorong Kesuksesan Bisnis Kamu - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

4 Alasan Pembukuan Dapat Berperan Mendorong Kesuksesan Bisnis Kamu


4-Alasan-Pembukuan-Dapat-Berperan-Mendorong-Kesuksesan-Bisnis-Kamu
4 Alasan Pembukuan Dapat Berperan Mendorong Kesuksesan Bisnis Kamu

4 Alasan Pembukuan Dapat Berperan Mendorong Kesuksesan Bisnis Kamu

Pembukuan adalah sebuah proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk buku besar, jurnal, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan telah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan ketika masih berskala kecil agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Dengan adanya pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka sebuah bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat. Untuk mendapatkan pembukuan yang baik Anda bisa melakukan secara manual, melalui sewa akuntan atau menggunakan aplikasi pembukuan seperti dari fitur aplikasi akutansi Jurnal.

Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa pembukuan penting untuk kesuksesan dan perkembangan bisnis kecil.

1. Menghindarkan Kesalahan Pelaporan Pajak

Pada tahun 2017, Ditjen pajak mencatat sebanyak 19.304 perusahaan telah tersangkut masalah pelaporan pajak yang tidak sesuai dengan pendapatan resmi yang telah diterima oleh perusahaan tersebut. Dari total jumlah perusahaan yang bermasalah dengan pelaporan pajaknya tersebut, Ditjen pajak mengklaim bahwa 76% kesalahan pelaporan diberikan oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan terbesar karena faktor kesalahan pelaporan pajak adalah proses pembukuan yang tidak baik sejak awal bisnis sehingga tidak memiliki data yang akurat tentang pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berjalan. Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting memiliki pencatatan pembukuan yang baik.

2. Menghindari Risiko Audit

Karena pemilik bisnis kecil wiraswasta adalah yang paling berisiko untuk menerima audit, maka pembukuan yang tepat menjadi lebih penting dari sebelumnya. Semakin akurat dan terbaru buku perusahaan Anda, semakin cepat para auditor dapat beralih dari kasus Anda, sehingga menyisakan sedikit waktu untuk khawatir, dan lebih banyak waktu untuk benar-benar mengembangkan bisnis Anda. 

Audit bisa sangat menyita waktu mulai dari persiapan hingga akhir, maka dari itu dengan pembukuan yang lengkap dan selalu terbaru resiko tersebut akan terhindari.

3. Meningkatkan Analisis Keuangan & Manajemen

Kita semua tahu bahwa manajemen arus kas bukanlah tugas yang mudah. Pembukuan yang tepat memungkinkan Anda untuk menganalisis dan mengelola arus kas sehingga Anda dapat melihat gambaran yang lebih akurat tentang situasi keuangan bisnis Anda. Pembukuan yang tepat juga membantu Anda tetap membayar faktur kepada vendor secara tepat waktu.

Selain itu, melalui pembukuan yang baik, Anda akan selalu tahu persis di mana uang Anda habis dibelanjakan. Perusahaan yang memiliki kontrol keuangan yang baik dan kondisi keuangannya selalu dalam performa bagus, memungkinkan untuk lebih mudah mendapatkan partner bisnis.

4. Mendapatkan Potensi Pengurangan Pajak

Pembukuan yang lambat dan tidak konsisten dapat dengan mudah menyebabkan hilangnya potensi pengurangan pajak yang sah. Auditor dapat melarang pemotongan pajak Anda berdasarkan dokumen yang hilang, yang mungkin belum dicatat dalam pembukuan sehingga mempersulit pelacakan. Anda harus menyimpan kuitansi dan faktur Anda setidaknya selama 6 tahun.

Jika tidak, auditor pajak memiliki hak untuk menolak pemotongan yang Anda ajukan. Dari sinilah sebuah pembukuan dianggap penting untuk merekam semua pemasukan dan pengeluaran sehingga mempermudah pelacakan terhadap bukti transaksi dan nominal pengurangan pajak yang mungkin dapat diterima perusahaan.

Di atas adalah manfaat dari pembukuan untuk bisnis kecil. Baik perusahaan yang skala kecil maupun besar, pembukuan tetap bagian penting dari perusahaan. Dari pembukuan, bisa diketahui performa kinerja perusahaan tersebut. Sehingga bisa disimpulkan apakah kinerja perusahaan tersebut baik atau tidak melalui pembukuan.

Penggunaan Software Akutansi Online

Anda sebagai pemilik bisnis tentu tidak ingin waktu berharga Anda hilang karena masalah pembukuan keuangan yang kurang lengkap dan menerima surat pemberitahuan dari Ditjen Pajak yang menyatakan bahwa Anda harus menjalani audit. 

Anda bisa melakukan efisiensi waktu dengan merekam semua transaksi (pemasukan dan pengeluaran) secara langsung di Jurnal software akuntansi online, dan dapatkan kemudahan mengelola keuangan bisnis dengan melakukan pencatatan dan pengecekan melalui smartphone Anda. Anda pun bisa mendaftarkannya bersama kami untuk menggunakan Jurnal, dan kami pun akan siaga untuk langsung membantu Anda.

Terlepas dari pada itu, seandainya Anda pun merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Jurnal, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan. Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel