Tingkatkan Kualitas Bisnis Anda Dengan Manajemen Persediaan Yang Baik - Tips dan Trik Bisnis, Pembukuan, Payroll, Pajak, Pelatihan & Software Akuntansi

Tingkatkan Kualitas Bisnis Anda Dengan Manajemen Persediaan Yang Baik




Tingkatkan Kualitas Bisnis Anda Dengan Manajemen Persediaan Yang Baik

Tingkatkan Kualitas Bisnis Anda Dengan Manajemen Persediaan Yang Baik

Sebagai pebisnis Anda pasti memahami, bahwa tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan saat ini, khususnya perusahaan ritel adalah manajemen persedian. Manajemen persediaan adalah pendekatan sistematis untuk memperoleh, menyimpan, dan mengambil keuntungan dari aset non-modal (bahan baku dan barang jadi). 

Stok yang tepat, pada level yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan biaya yang tepat. Yang berarti dengan adanya manajemen persediaan, perusahaan akan dapat mengontrol bahan baku serta produksi pada level yang sesuai agar tidak menimbulkan kelebihan atau kekurangan stok yang berakibat pada kerugian. 

Hal ini memang menjadi tantangan terbesar karena ada banyak aspek yang harus dikelola. Dan, perusahaan yang tidak memiliki manajemen persediaan yang baik, akan mengalami kesulitan tersendiri dalam upaya memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen. Berikut ini adalah sederet aspek yang perlu dikelola dalam pemenuhan manajemen persediaan:

Aspek-Aspek Manajemen Persediaan

Menurut Sugiama (2013) manajemen persediaan mencakup aspek-aspek seperti:
  • Perencanaan Kebutuhan Aset
  • Pengadaan Aset
  • Inventarisasi Aset
  • Legalisasi Aset
  • Pengoperasian Aset
  • Pemeliharaan Aset
  • Penghapusan Aset
  • Pengalihan Aset
Lebih dari itu, masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengumpulkan data berbagai aset tersebut, dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan pada data tersebut.
“Data tahun 2015 menyatakan 43% perusahaan retail menyatakan bahwa Manajemen Persediaan merupakan tantangan nomor 1 mengalahkan kesulitan mengelola akuntansi perusahaan, implementasi teknologi, integrasi dengan e-commerce, manajemen pemesanan atau payroll”
Akibat ketidaktahuan tersebut, manajemen persediaan juga menjadi salah satu bagian pengelolaan perusahaan yang paling diabaikan. Padahal manajemen persediaan merupakan salah satu area manajemen yang paling penting. 

Apabila perusahaan melakukan manajemen persediaan dengan profesional, maka akan mendapatkan banyak manfaat, berikut di antaranya:

Manfaat Manajemen Persediaan

a. Persediaan Yang Tepat
Mengetahui dengan tepat berapa banyak persediaan yang dibutuhkan untuk mencegah kekurangan dan kelebihan bahan baku serta produk

b. Mengatur Perputaran
Menjaga perputaran aset untuk memastikan produk tidak rusak, tersimpan untuk waktu yang lama atau menggerogoti modal

c. Memastikan Produk Selalu Tersedia
Memastikan perusahaan memiliki apa yang konsumen cari untuk mempertahankan kepuasan mereka

d. Perencanaan yang Akurat
Dapat digunakan sebagai referensi evaluasi dan perencanaan masa depan perusahaan secara akurat

e. Optimalisasi Pengaturan Gudang
Mengoptimalisasi pengaturan gudang agar mudah diakses sehingga mempercepat proses pengambilan, pengemasan, dan pengiriman terkhusus untuk produk dengan penjualan tertinggi

f. Pelacakan Inventaris
Mampu mengoordinasikan persediaan di banyak lokasi perusahaan yang disesuaikan dengan permintaan dan faktor lainnya

g. Hemat Waktu & Biaya
Data yang sudah terkumpul dan dapat dilacak mempermudah kerumitan melakukan penghitungan aset. Anda juga bisa mengurangi biaya dari produk yang bergerak lambat sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih baik di area lain yang lebih optimal

Proses Tradisional Yang Rumit Dalam Manajemen Persediaan

Untuk mendapatkan banyak manfaat tersebut, memang dibutuhkan proses yang cukup kompleks. Admin harus mengetahui kapan harus memesan ulang, berapa banyak yang harus dipesan, di mana seharusnya menyimpan stok, dan lain sebagainya dapat dengan cepat menjadi proses yang rumit. 

Akan tetapi masih banyak yang membuat manajemen persediaan mereka secara manual. Sebagian besar menggunakan Excel, Google Sheets, atau alat manual lainnya untuk melacak basis data aset dan membuat keputusan perihal pemesanan. Dan pada akhirnya mengarah pada kekacauan perusahaan, pengiriman dan perhitungan akuntansi.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan beralih ke software manajemen persediaan yang berbasis online. Dengan sistem ini, prosedur manajemen persediaan mampu melakukan penataan dan pemantauan aset dari ujung ke ujung dengan mudah dan akurat.

Kelebihan Penggunaan Software Manejemen Persediaan

  1. Dapat mengakses laporan secara realtime.
  2. Data-datanya selalu update
  3. Dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya
  4. Jika memiliki beberapa kantor cabang, maka data yang ada dapat disinkronkan dengan mudah
  5. Tersedia pelayanan pemeliharaan sistem dari pemilik jasa aplikasi

Mengenal Software Manajemen Persediaan Jurnal

Jurnal menjadi salah satu sofware akuntansi dengan fitur lengkap yang dapat mencakup pengelolaan persediaan perusahaan. Meskipun software yang bergerak di bidang akuntansi, fitur manajemen persediaan Jurnal menjadi salah satu yang terbaik. 

Fitur manajemen persediaan Jurnal akan memberikan kemudahan dalam mengendalikan aset perusahaan, baik aset tetap maupun tidak berwujud, aset yang masih dimiliki ataupun aset yang telah dijual. 

Jurnal juga mampu menghitung nilai penyusutan aset secara otomatis. Dan sebagai hasil akhir, laporan yang disajikan lebih lengkap mulai dari daftar aset tetap yang tercatat beserta harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai set secara realtime. Tunggu apalagi? Beralihlah ke Jurnal sekarang juga.

Mencari Bantuan Kepada Konsultan Akutansi

Terlepas dari pada itu, seandainya Anda pun mengalami kesulitan dalam menggunakan Jurnal, maka Anda bisa menggunakan jasa akutansi dan manajemen bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia, yang juga bergerak sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan. Sedangkan bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel